Sidebar

Hari Ini Taj Mahal India Berusia 365 Tahun, Begini Kondisinya Sekarang

9 Mei 1653 merupakan waktu di mana Taj Mahal India selesai dibangun. Itu berarti tepat hari ini salah satu bangunan bersejarah yang masuk tujuh keajaiban dunia tersebut telah berusia 365 tahun. Lalu bagaimana kondisi Taj Mahal saat ini?

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

#onthisday, setiap harinya selalu ada hal-hal bersejarah yang telah terjadi di masa lampau. Sama halnya dengan tanggal 9 Mei yang juga memiliki sejarah masa lalu. Salah satu hal bersejarah yang bisa dikenang ditanggal 9 Mei adalah selesainya pembangunan Taj Mahal India, lebih tepatnya pada 9 Mei 1653.

Jika dihitung-hitung maka usia Taj Mahal India saat ini adalah 365 tahun, atau 3,5 abad lebih. Masih berdiri kokoh dan megah dengan keindahan arsitekturnya, tak heran jika sampai hari ini Taj Mahal masih masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia.

Baca juga: India, Kenapa Traveler Datang ke sana?

Makam Mumtaz Mahal di dalam area Taj Mahal India. Sumber

Konon menurut cerita, Taj Mahal India dibangun untuk mengenang mendiang istri Raja Mongol India, Shahjahan. Sang istri yang bernama Mumtaz Mahal diketahui meninggal pada tahun 1631 dalam usianya yang ke-39 tahun. Setelah lama merenung dan menyendiri, akhirnya Raja Shahjahan memutuskan untuk membangun istana megah.

Di dalam istana megah inilah makam Mumtaz Mahal berada. Pembangunan Taj Mahal dimulai pada tahun 1633 dengan mempekerjakan sekitar 20.000 pekerja. Sang Raja bahkan memanggil ahli arsitektur, kaligrafi dan pengrajin batu dari berbagai negara untuk membangun istana megah tersebut.

Berusia 3,5 abad lebih, lalu bagaimana kondisi Taj Mahal India saat ini?

Kondisi terkini Taj Mahal. (Foto/ www.newmarketholidays.co.uk)

Menempuh usia berabad-abad ternyata kondisi Taj Mahal India perlahan mengalami perubahan. Bangunan bersejarah peninggalan Kaisar Mughal Shah Jahan untuk istrinya tercinta ini perlahan mengalami perubahan warna. Dinding marmer Taj Mahal India yang tadinya berwarna putih, berubah kuning hingga cokelat. Kini dinding Taj Mahal menjadi hijau.

Baca juga: Langkah yang Ditempuh Pemerintah India untuk Memperbaiki Kondisi Taj Mahal yang Kini Mulai Berubah

Salah satu faktor penyebab perubahan warna adalah adanya kotoran serangga. Serangga tersebut berasal dari aliran sungai Yamuna. Limbah pabrik yang mengalir di aliran sungai telah menarik perhatian serangga yang akhirnya membuang kotoran ke Taj Mahal.

Namun, permasalahan kebersihan Taj Mahal bukan hanya dari kotoran saja. Pada dua dekade terakhir, ikon India ini pun dikotori lumpur.

Berbagai cara memang telah dilakukan pemerintah setempat untuk mengembalikan kondisi Taj Mahal seperti semula. Meski belum maksimal, usaha-usaha yang telah dilakukan diharapkan mampu memperbaiki kondisi Taj Mahal agar tidak semakin parah.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sisi Lain Negara India yang Tak Terlihat di Film Bollywood, Seperti Apa?

Desa Kuldhara India, Desa Hantu yang Tak Kalah Seram dari Desa Penari

Lembah Galwan India, Tanah Kering Pemicu Perang India VS China

Desa Kuldhara India, Desa Berhantu yang Lenyapkan Ribuan Warganya

India VS China Memanas, Akankah Terjadi Perang Dunia Ketiga?

6 Hotel Mewah di India yang Dahulunya Istana Kediaman Para Raja

FALLBACK
The END