Sidebar

Sungai Tamborasi di Sulawesi Tenggara, Sungai Terpendek di Dunia

Sungai Tamborasi merupakan sebuah aliran sungai di Sulawesi Tenggara yang menjadi sungai terpendek di dunia dengan panjang 20 meter dan lebar 15 meter.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sungai Tamborasi merupakan sebuah aliran sungai yang terletak di Desa Tamboraso, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Jika Sungai Nil di Mesir dikenal sebagai sungai terpanjang di dunia, Sungai Tamborasi adalah kebalikannya. Benar, Sungai Tamborasi adalah sungai terpendek di dunia dengan panjang hanya 20 meter dan lebar 15 meter.

Sekilas, Sungai Tamborasi memang tidak mirip sama sekali dengan sungai, melainkan lebih cocok disebut sebagai danau. Perairannya berwarna jernih kehijauan. Hulu dan hilir berada di tempat yang sama, berjarak 20 meter dari hilir yang langsung bermuara ke laut. Bagian hulu dikelilingi oleh pepohonan rindang, sedangkan hilir berbatasan dengan kawasan pantai.

(Instagram/christianadhika)

Pengunjung yang datang ke area sungai terpendek di dunia ini akan dapat dua objek wisata sekaligus yang bisa dinikmati bersamaan, yaitu sungai dan pantai. Ada beberapa satwa liar di hutan-hutan pantainya, diantaranya monyet berbulu emas dan burung laut yang terkadang menampakkan diri. Fasilitas di Pantai Tamborasi cukup lengkap, mulai dari toilet dan gazebo.

Keunikan lain dari Sungai Tamborasi adalah suhu air yang berbeda antara bagian hulu dan hilir. Hulu memiliki suhu lebih dingin, sedangkan hilir lebih hangat karena pertemuan antara sungai dan laut. Sumber mata air di sungai ini berasal dari mata air yang letaknya diantara bebatuan tebing. Tempatnya masih alami, udaranya sejuk dengan pemandangan luar biasa.

(Instagram/jappaparuntang)

Terdapat sebuah mitos yang berkembang di sekitar Sungai Tamborasi ini, bahwa jika pengunjung mengikatkan tali ke akar-akar pohon yang berada di tepian sungai dipercaya akan segera bertemu dengan jodoh. Bagi yang sudah berpasangan maka hubungannya akan semakin langgeng. Layaknya sebuah mitos, kepercayaan pada mitos ini belum terbukti kebenarannya.

Menuju ke Sungai Tamborasi dapat ditempuh dari pusat Kabupaten Kolaka selama 1-2 jam dengan jarak tempuh 90 km. Meski cukup jauh dan lama, anda dijamin tidak akan bosan karena di sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam indah dari Gunung Marmer yang asri dan alami. Sungai Tamborasi adalah rekomendasi destinasi tujuan liburan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Dilarang Memetik Bunga Edelweis di Gunung? Sangat Istimewa

5 Hotel Terbaik Dunia yang Ada di Indonesia, Langganan Artis Holywood

Amanwana Resort, Glamping Super Mewah di Pulau Terpencil Sumbawa

Ritual Potong Rambut Gimbal Festival Dieng 2020 Digelar Virtual

Destinasi Wisata Kopi Segera Hadir di Pulau Flores, Siap?

6 Pantai untuk Surfing Dekat Jakarta, Alternatif Tujuan Liburan Akhir Pekan

FALLBACK
The END