Sidebar

6 Suara Misterius dari Bawah Laut yang Belum Bisa Dijelaskan oleh Ilmuwan

Terkait dengan suara misterius dari bawah laut tersebut, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) tak mau mengaitkannya dengan monster laut.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Ikan-ikan warna warni berbagai bentuk dan rupa, schooling fish seolah sedang menari, dan karang laut yang menjadi rumah ikan-ikan selalu menjadi magnet bagi para penyelam untuk terus menjelajahi dunia bawah laut. Meskipun nampak begitu indah bak surga, suara misterius dari bawah laut buktikan bahwa laut pun punya sisi seram.

Para ilmuwan yang memantau lautan telah menemukan beberapa suara yang tidak dapat dijelaskan – setidaknya belum ada kepastian tentang asal muasalnya.

Baca juga: Palung Mariana, tempat tinggal para mahluk laut aneh di bumi

Dipantau oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), inilah enam suara misterius dari bawah laut yang pernah terekam.

1. The Bloop

Pada tahun 1997, NOAA hydrophones mengambil salah satu suara paling keras yang pernah tercatat di lepas pantai selatan Amerika Selatan: Bloop (yang terdengar seperti bloop), direkam oleh dua hydrophones hampir 4.800 kilometer.

Bloop meniru suara hewan laut dalam beberapa hal, tetapi volumenya terlalu besar untuk dibuat oleh makhluk laut yang dikenal sains. Suara mengerikan tersebut bahkan membuat banyak pendengarnya berimajinasi berlebihan. Mereka menghubungkan bunyi ‘Bloop’ dengan Cthulhu, monster gurita fiktif yang digambarkan oleh penulis fiksi ilmiah H.P. Lovecraft pada tahun 1928.

Terkait dengan suara misterius dari bawah laut tersebut, NOAA tak mau mengaitkannya dengan monster laut. Mereka menjelaskan bahwa ‘Bloop’ merupakan suara gemuruh gunung es besar yang retak. Dilansir dari livescience, suara Bloop tersebut mirip dengan ‘gempa’ di Laut Scotia yang pernah terekam di tahun 1997.

2. Julia

Suara aneh ini terdengar oleh jaringan hidrofon Array Otonom Pasifik Timur pada 1 Maret 1999. Bila didengarkan dengan seksama, suara tersebut terdengar seperti seseorang yang merengek dan menyebut kata ‘Julia’.

Seperti Bloop, Julia kemungkinan besar adalah suara es. Dalam hal ini, peneliti NOAA menduga bahwa hidrofon mengambil suara gunung es Antartika yang besar yang mengalir ke dasar laut.

3. Upsweep

Bila Anda mendengar, suara sapuan tersebut, terdengar seperti ambulans atau mungkin lolongan makhluk yang tidak wajar. Suara aneh di bawah laut ini terdengar musiman sejak tahun 1991. Diketahui, suara tersebut muncul pada musim semi dan gugur.

Konon sumber suara tampaknya menjadi area aktivitas gunung berapi bawah laut, tetapi para ilmuwan belum menentukan dengan tepat apa penyebabnya.

4. Slow Down

Slow Down, suara ini direkam pada 19 Mei 1997. Para ilmuwan NOAA telah menemukan sumber suara di Semenanjung Antartika, yang menuntun mereka untuk mencurigai bahwa Slow Down adalah hasil dari gunung es yang menghantam dasar laut dan melengking ke perhentian besar. Suara itu terdeteksi oleh sensor hampir 5.000 km.

5. Suara kereta

Dinamai kereta api karena suara aneh di bawah laut terdengar seperti gesekan roda kereta ke rel. Direkam pada tahun 1997, suara kereta ini adalah dengungan stabil yang kemungkinan berasal dari Laut Ross Antartika.

Baca juga: Penemuan misterius dunia dasar laut yang gemparkan dunia

6. Whistle

Suara misterius di bawah laut yang terakhir ini terdengar seperti ketel air mendidih daripada nada riang sebuah peluit. Direkam pada bulan Juli 1997, suara peluit diambil oleh satu hidrofon.

Menurut NOAA, suara tersebut berasal dari gunung berapi yang meletus. Tapi, ada kemungkinan bahwa suara peluit tersebut, tidak seperti Julie, Slow Down atau suara laut misterius lainnya, mungkin disebabkan oleh api, bukan es.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Terumbu Karang di Indonesia, Makin Membaik?

Patung Bawah Laut Maldives dihancurkan Karena Dianggap Berhala

Cumi-Cumi Raksasa Berukuran 2 Kali Tubuh Manusia Ditemukan Terdampar di Pantai

Palung Mariana, Tempat Tinggal Makhluk Aneh di Dunia

Pemakaman Unik Dasar Laut, Lebih Ramah Lingkungan dan Lahan Basah Bagi Pariwisata

Selamat Hari Kelautan, Inilah 16 Taman Laut Indonesia yang Menakjubkan

FALLBACK
The END