Sop Kambing Kumango, Kuliner Mantap Medan Sejak 1975

Foto dari ig @dolly_regar

Tak semua orang memiliki ketertarikan dengan sop kambing karena baunya yang menyengat. Namun beda cerita jika Anda mencoba Sop Kambing Kumango di Medan. Karena di sini sop kambinnya tidak bau dan kuahnya mantap.

Baca juga: Kui Sen, Kedai Sop Kambing Jakarta dengan Cita Rasa Nendang Favorit Presiden Jokowi

Kedai sop kambing legendaris sejak 1975

sop kambing kumango

Di sini disajikan pula sate, perkedel dan pelengkap lainnya sebagai pendamping santap sop. Foto/ miss_laiciak

Pemilik kedai sop ini bernama Pak Tresno, ini merupakan rumah makan yang ia bangun sejak tahun 1975.

Nama Kumango sendiri diambil dari lokasi tempat kedai ini berada yakni di Jalan Kumango. Kedai ini populer karena memiliki rasa yang mantap dengan kuahnya yang khas dengan campuran kunyit yang terkenal sebagai bahan untuk menghilangkan bau amis dan prengus dari ikan ataupun kambing.

Adapun potongan wortel dan taburan seledri juga ditambahkan ke dalam hidangan sop kambing di kedai ini yang membuat cita rasa makin mantap.

Resep sop kambing di sini pun terjaga sejak dahulu kala hingga kini begitu pula dengan cabangnya di beberapa kota di Indonesia. Jadi, rasanya tak pernah berbeda dari masa ke masa.

Tempat makannya cukup luas dan nyaman

sop kambing kumango

Foto dari ig @dolly_regar

Restoran ini hanya beroperasi pukul 18.30-23.00, dan sering kali dipenuhi pengunjung selama jam makan malam. Ketika kapasitas tempat makan penuh, maka akan disiapkan tempat duduk pinggir jalan agar Anda bisa menikmati makanan.

Menunya sendiri terbilang sederhana, yakni sop kambing dan sop kaki kambing. Soal rasa sebenarnya perpaduan gurih manis, tidak berlebihan. Pas di lidah.

Mungkin Anda yang sering makan sop kambing yang kuahnya merah akan kaget karena warna kuahnya kuning, tapi tenang karena sop ini disajikan dengna irisan cabai, bawang merah, dan juga kecap sehingga akan mengubah warna kuningnya itu.

Yang terpenting, daging kambingnya itu lembut sehingga mudah disantap. Ketika digigit maka langsung copot dari kulitnya. Kalau orang Jawa bilang makan di sini dagingnya itu ‘maklegender’ langsung masuk kerongkongan.

Jika Anda ke Medan cobalah sop di sini, karena sudah terkenal lezat menggugah selera.

Baca juga: 7 Rekomendasi Kuliner Terlezat di Medan

Lokasi: Jl. Kumango, Medan, Sumatra Utara
Buka: Senin-Sabtu, pukul 18.30-23.00 WIB
Harga: Rp.50.000 per porsi.

Dapatkan ulasan menarik tentang Kuliner Medan dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar