Sejarah Kue Nastar, Kue Kering Khas Lebaran dari Buah Nanas

Sejarah nastar, kue khas lebaran dari Indonesia (Instagram/@debbie_ariesthea).

Nastar merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yaitu nastaart, gabungan dari kata ananas yang berarti nanas dan taart yang berarti kue/pie. Nastar mulanya adalah kuliner khas dari Belanda, menyebar ke Indonesia setelah Belanda menjajah Hindia Belanda ratusan tahun lalu. Nastar biasanya dihidangkan saat perayaan hari besar keagamaan seperti Hari Lebaran, Hari Natal, dan Imlek.

Ketika Belanda menjajah Hindia Belanda, mereka memperkenalkan nastar kepada masyarakat pribumi. Saat pertama kali dari Belanda, nastar masih berupa kue atau pie dengan isian bluberi atau apel. Namun karena saat masa penjajahan saat itu masih sangat sulit menemukan buah-buahan tersebut maka dipihlah nanas sebagai penggantinya.

Sama seperti kue kering lainnya, nastar dibuat dari tepung terigu, telur, dan bahan-bahan kue lainnya. Isian nastar biasanya adalah selai buah nanas, namun seiring dengan perkembangan zaman muncul berbagai variasi isian seperti selai stroberi atau selai bluberi. Di Indoensia nastar menjadi pioner kue-kue kering lainnya seperti kue putri salju dan kue kering keju.

Secara filosofis, nastar memiliki makna kemakmuran. Masyarakat Tionghoa menggambarkan nastar sebagai ong lai yang berarti buah pir emas. Buah pir emas dalam mitologi masyarakat Tionghoa adalah simbol dari kemakmuran, kelimpahan rezeki, dan keberuntungan. Selain itu rasa manis dan lembut selai nanas menjadi doa dan melambangkan kemudahan serta kelimpahan rezeki.

SunnyHills, nastar ala Hong Kong (Instagram/@charles9996).

Tak hanya di Indnesia, nastar juga dapat ditemukan di beberapa negara asia seperti Tiongkok dan Hong Kong dengan bentuk sedikit berbeda. Jika nastar Indonesia dikenal dengan bentuknya yang bulat dengan diameter sekitar dua centimeter, di Hong Kong nastarnya memiliki bentuk balok sekiatr lima centimeter. Nastar paling terkenal di Hong Kong adalah SunnyHills, dikenal karena segarnya selai nanas dan roti yang sangat lembut.

Lebaran sebentar lagi tiba, sudah rencanakan liburan? Manfaatkan momen berkumpulnya keluarga dengan berlibur bersama. Tersedia berbagai destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat libur lebaran tahun ini seperti Semarang atau Rafting di Kemuning. Kunjungi Phinemo Marketplace untuk dapatkan penawaran menarik.

Dapatkan ulasan menarik tentang lebaran dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar