Sidebar

Tips Menghindari Scam Hotel Saat Traveling

Siapa bilang hotel aman dari scam? Bermacam scam hotel pernah terjadi di dunia. Berikut tips traveling aman agar Anda terhindar dari penipuan!

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Foto berasal dari abc.go.id

Banyak diantara kita yang menganggap hotel adalah tempat paling aman saat traveling. Sebaiknya, Anda membuang jauh-jauh pemikiran itu. Karena, tindakan scam pun kerap terjadi di hotel tempat Anda menginap. Anda harus mewaspadainya dan ketahuilah macam-macam scam hotel berikut;

1. Waspadalah pada Jasa Pengiriman Makanan di Hotel

Ketika Anda menginap di hotel, biasanya Anda akan melihat aneka layanan pesan antar makanan yang terpajang di ruang makan lengkap dengan foto menu makanan, harga, dan alamat restoran. Dari foto tersebut, makanan dan restoran tampak nyata. Padahal, tanpa Anda ketahui, semua itu hanyalah fiktif belaka.

Banyak kasus yang menyebutkan, traveler sangat tertarik dengan menu makanan yang ditawarkan, akhirnya mereka memesan melalui layanan pesanan antar restoran tersebut. Hingga akhirnya, para traveler diminta untuk membayar pesanan makanan tersebut dengan credit card. Ketika si penyedia jasa pesan antar palsu ini memperoleh nomor credit card traveler, makanan tak akan datang dan mereka tak akan pernah muncul lagi.

Untuk menghindari hal serupa, carilah informasi tentang keberadaan restoran penyedia layanan antar tersebut. Apakah benar-benar ada atau tidak. Mungkin lebih baik, Anda menanyakan pada resepsionis hotel restoran terdekat yang menyediakan layanan pesan antar.

2. Ingat, Resepsionis Hotel Tak Pernah Meminta Nomor Credit Card Melalui Telepon

Tips traveling aman selanjutnya yaitu selalu waspada pada tagihan biaya hotel melalui telepon. Seringnya, traveler tertipu dengan modus penipuan semacam ini. Menurut pengakuan traveler, resepsionis hotel melakukan panggilan kepada mereka dan memberikan tagihan. Setelah resepsionis hotel palsu memberikan tagihan, si resepsionis ini meminta korban untuk segera membayar menggunakan kredit card. Saat korban menyerahkan nomor credit card, saat itulah si traveler ini menjadi korban penipuan mereka.

Yang perlu Anda ingat, respsionis tak pernah meminta informasi tentang credit card Anda melalui telepon. Bila Anda mengalami hal semacam ini, segera turun ke meja resepsionis dan tanyakan langsung.

3. Jangan Tertipu Dengan Free Wi-fi

Jenis penipuan lainnya adalah penipuan berkedok free wi-fi. Meskipun Anda benar-benar bisa bebas mengakses internet secara gratis, namun yang patut Anda perhatikan adalah kerahasiaan informasi data pribadi Anda pada leptop atau smartphone Anda. Karena ketika Anda mengkoneksikan gadget Anda pada internet gratis tersebut, si pelaku penipuan kemudian menyedot informasi pribadi Anda. Bisa jadi mereka menyimpan password email, nomor telepon Anda, dan lainnya yang kemudian akan digunakan untuk tindak kriminal.

Waspadai hal semacam ini. Untuk meyakinkan bahwa free wi-fi tersebut aman, tanyakan kepada resepsionis hotel apakah wi-fi membutuhkan password atau tidak. Umumnya, setiap hotel atau restoran tetap mencantumkan password pada free wi-fi mereka.

4. Biaya Tambahan Tersembunyi Bisa Menguras Kantong

Perhatikan setiap biaya tersembunyi yang diberikan kepada Anda. Terkadang, hotel tempat Anda menginap mencantumkan biaya tambahan untuk menikmati layanan koran pagi. Mungkin hotel tersebut mencantumkan dengan jelas biaya per koran yang harus dibayarkan, namun jangan kaget ketika Anda check out, Anda memperoleh tagihan yang membengkak. Karena, hal seperti itu merupakan trik yang sering dilakukan untuk menguras uang pengunjung hotel.

Bila Anda memang menginginkan layanan tambahan yang ditawarkan, Anda harus memastikannya pada awal Anda check in.

Baca Juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Liburan Setelah Corona, Staycation Diprediksi Menjadi Tren Baru

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

Danau Dariza Resort Garut, Akomodasi Mengapung Ala Rumah Adat

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

FALLBACK
The END