Sambal Wader, Nikmatnya Kuliner “Ndeso” yang Langka Ditemui di Mojokerto

Salah satu pemilik kedai yang menjajakan Sambal Wader di Mojokerto, Lutfi mengaku bahwa kuliner Sambal Wader ini sudah sulit ditemui di Mojokerto. Namun hingga kini ia berusaha untuk tetap menjualnya untuk pembeli.

Ditulis Oleh Wike

Kuliner ini sangat diminati tapi sudah mulai langka. Foto/@javanese732000

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang patut untuk dicicipi. Salah satunya adalah Sambal Wader khas Mojokerto. Sayangnya, kuliner yang identik dengan rasa gurih, asin, dan pedas ini kini kian sulit ditemui, alias langka.

Sambal Wader sendiri dimasak dengan cara unik. Ikan wader yang berukuran kecil biasanya dimasak dengan tepung di atas wajan yang sangat panas sehingga wader akan krispi saat diangkat.

Sedangkan sebagai peneman wader krispi, ada beberapa pilihan sambal mulai dari sambal yang digoreng hingga cabai mentah. Ciri khasnya, sambal berwarna merah menyala. Biasanya dinikmati dengan wader krispi tepung dan nasi yang masih hangat.

Baca juga: Jangan Salah Sangka, Kuliner Khas Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Luar Negeri

sambal wader

Sambal Wader ini rasanya pedas gurih bikin nagih. Foto/masakandapurku.com

Salah satu pemilik kedai yang menjajakan Sambal Wader di Mojokerto, Lutfi mengaku bahwa kuliner Sambal Wader ini sudah sulit ditemui di Mojokerto. Ia juga mengaku kini makin sulit menjual menu itu di warungnya “Sumber Urip” karena ketersediaan ikan wader yang kian tak tentu munculnya.

“Susah cari ikan wader. Kadang ada, kadang dapat. Kalau yang ukuran kecil susah, kalau yang besar gampang,” ujarnya dilansir dari kompas.travel.com.

Baca juga: Sate Buntel Haji Bejo, Kuliner Langganan Jokowi yang Rasanya Bikin Ngiler

Lutfi menambahkan, ia mendapatkan wader dari Pasa Rolak Songo, Mojokerto. Ia mengaku ikan wader cepat habis dan biasanya sudah habis menjelang pukul 07.30 WIB.

Kalau gak langganan, pasti saya gak dikasih kalau lagi sedikit stok ikan wadernya,” katanya.

Untuk Anda yang sudah tidak sabar mencicipi lezatnya sambal wader dengan nasi panas, bisa langsung ke Warung Sumber Urip di Jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto sekitar 400 meter dari Sunrise Mall. Harganya sangat miring, hanya Rp15 ribu saja per porsinya.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang KULINER, tulisan lain Wike

Di fitur baru Phinemo, Anda bisa pesan paket liburan dengan mudah. Ingin tahu lebih banyak? Masukkan email Anda pada kolom di bawah.

* indicates required

Tag :



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post