Inilah Cara Reschedule Jadwal Penerbangan

Ingin reschedule tiket pesawat yang sudah terlanjur dipesan? Kami berikan panduan lengkapnya.

Ditulis Oleh Mia Kamila

Bingung ketika ingin reschedule tiket pesawat. Hal itu pernah saya alami. Saat memesan tiket pesawat di sebuah acara. Rencana awal kadang bisa berubah ketika ada informasi mendadak yang harus membuat saya merubah jadwal penerbangan.

reschedule tiket pesawat

Sumber Foto di Sini

Bila sedang berada di posisi tersebut, jangan resah! Kita bisa reschedule tiket pesawat yang sudah dipesan sebelumnya, ini caranya:

Baca juga: Liburan Murah ke Bali 4 Hari 3 Malam dengan Total 1 Juta-an Termasuk Tiket PP, Ini Caranya

Cari jadwal penerbangan yang akan menggantikan jadwal penerbangan sebelumnya.

Sebelumnya saya memilih jadwal penerbangan dari Lampung ke Jakarta pada hari Minggu jam 08.00 WIB. Tiket tersebut sudah diterbitkan oleh sistem OTA di mana saya memesan tiket tersebut. Tiba-tiba saya mendapatkan informasi bahwa saya harus stay di Lampung sampai hari Minggu sore.

Informasi yang tiba-tiba itu membuat saya harus memutar otak untuk merubah jadwal penerbangan. Segera saya mencari jadwal penerbangan baru.

Pastikan OTA yang dipakai memilliki fitur rechedule tiket pesawat

Saat saya memesan tiket pesawat, saya memang menggunakan traveloka. Dia memiliki fitur easy reschedule. Hal ini membaut saya lebih mudah untuk melakukan perubahan jadwal tanpa menunggu refund.

Kita bisa mengubahnya via desktop, lalu login dan masuk ke menu “Pesanan Saya”. Pilih e-tiket yang diinginkan dan klik “Reschedule”. Dari sini, kemudian akan diarahkan untuk memilih penerbangan yang dikehendaki hingga e-tiket baru diterbitkan.

Baca juga cara meng-upgrade tiket pesawat di berbagai maskapai penerbangan Indonesia dengan klik di sini

Bisa juga menghubungi pihak maskapai untuk masalah ini

Selain melalui OTA, kita juga bisa langsung menghubungi pihak maskapai. Kita bisa mengeluhkan permasalahan ini, terkait mengubah jadwal, melalui call center masing-masing maskapai. Sampaikan kepada petugas untuk merubah jadwal yang sudah ditentukan.

Kita bisa dapat cash back dari reschedule tiket pesawat

Setelah tersambung pada operator maskapai. Jangan lupa tanyakan perihal biaya yang akan ditanggung untuk mengubah jadwal penerbangan, karena fitur ini tidak gratis. Meskipun demikian, kita bisa dapat kembalian dengan syarat harga tiket yang diubah lebih mahal dari tiket yang baru dan kelebihan uang tersebut akan dipotong biaya administrasi dari OTA dan fee maskapai.

Tak perlu menunggu refund, tinggal bayar selisihnya bila itu diperlukan

Selain mendapatkan cash back, pelanggan juga bisa membayar selisih kekurangan yang harus ditanggung. Tak perlu menunggu refund cair, tinggal membayar selisihnya bila tiket yang baru harganya lebih mahal dari tiket sebelumnya.

Bisa ubah jadwal liburan sendiri meskipun perginya ber-rombongan

Kita bisa mengubahnya dengan cara login ke traveloka dan merubah salah satu jadwal yang tertera pada kode booking tersebut. Begitu juga bila langsung meminta kepada maskapai, kita bisa meminta atas nama seseorang yang ingin diubah jadwal penerbangannya.

Reschedule bisa tersedia untuk sejumlah maskapai

Kita bisa menikmati reschedule tiket pesawat ini di sejumlah maskapai di Indonesia. Tapi hal ini berlaku untuk penerbangan domestik saja. Maskapai yang bisa melakukan Reschedule tiket pesawat adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Kal Star, Xpress Air, Trigana Air, dan Aviastar

Batas maksimal perubahan jadwal adalah 30 jam sebelum jadwal terbang

Ketentuan ini harus dipahami betul-betul. Kita bisa reschedule tiket pesawat maksimal sebelum 30 jam jadwal pernerbanganmu. Bila sampai lupa maka yang bisa dilakukan adalah melakukan refund dengan potongan yang tertera, sesuai dengan ketentuan maskapai masing-masing.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang PENERBANGAN, tulisan lain Mia Kamila

Tag : , , , , ,



Berikan Komentar Dibawah

RELATED

Next Post