Rekomendasi Wisata Serang Bernuansa Alam untuk Kaum Urban Jakarta

Panorama Pulau Sangiang Serang. Foto oleh @explorebantentravel

Jika Kota Demak lebih dikenal sebagai Kota Wali, maka Serang mendapat sebutan lain Kota Santri.

Bukan tanpa alasan, karena Serang merupakan kota yang memiliki pengaruh cukup besar dalam penyebaran islam khususnya di daerah Jakarta dan Jawa Barat.

Letak geografisnya yang strategis membuatnya tumbuh menjadi kota pelabuhan sekaligus menjadi pintu masuknya ajaran islam di masa silam.

Di Serang sendiri telah berdiri kerajaan islam yang lebih dikenal dengan Kesultanan Banten, dan kini sisa-sisa kerajaan tersebut menjadi salah satu tujuan wisata Serang. 

Selain dikenal sebagai salah satu kota wisata sejarah islam, Serang juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah dan menarik untuk dijelajahi. Ini juga tak jauh-jauh karena lokasinya yang berada di garis selatan Pulau Jawa. Mulai dari wisata pantai hingga pulau, Serang memilikinya. 

Berikut adalah beberapa list wisata Serang yang bisa jadi pilihan untuk berlibur jika sedang berada di Kota Santri tersebut. 

1. Pulau Tunda

wisata serang

Menikmati sunset di Pulau Tunda Serang. Foto oleh @explorepulau_id

Pulau seluas 300 hektar ini merupakan pulau berpenghuni dan sudah dikelola sebagai salah satu tempat wisata Serang.

Penamaan Pulau Tunda sendiri tak lepas dari cerita masa lalu yang mengatakan bahwa dulunya pulau ini merupakan tempat persinggahan Sultan Hasanuddin. Namun karena cuaca buruk maka ditundalah perjalanan Sultan Hasanudin. Dari sanalah puau persinggahan ini dikenal dengan sebutan Pulau Tunda, di mana Sultan Hasanuddin dan rombongan harus menunda perjalanan menuju ke Cirebon. 

wisata serang

Spot snorkeling di Pulau Tunda yang cantik. Foto oleh @badoeng_benz

Wisata Serang ini menawarkan panorama pantai yang cantik lengkap dengan pemandangan cantik sunrise dan sunsetnya.

Wisatawan yang beruntung akan menemukan beberapa lumba-lumba yang kadang muncul ke permukaan laut. Pulau ini juga menjadi salah satu wisata Serang yang punya spot diving dan snorkeling yang cantik. 

Baca juga : Jangan Pernah Coba Trekking Malam Hari di Pulau Tunda Banten, Ini Alasannya!

2. Pulau Sangiang

wisata serang

Wisata Serang yang sajikan panorama bawah laut. Foto oleh @sangiang.island

Wisata Serang yang satu ini kerap dijuluki sebagai The Seven Wonders of Banten.

Berada di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Pulau Sangiang menjadi salah satu wisata Serang yang banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan panorama alam yang luar biasa indah.

Pantai yang masih bersih dan sepi, pasir putih yang lembut, ombak yang tenang dan terumbu karang yang cantik adalah bagian dari pesona Pulau Sangiang ini.

wisata serang

Panorama Pulau Sangiang Serang. Foto oleh @explorebantentravel

Meski sudah banyak dikunjungi wisatawan namun Pulau Sangiang belum memiliki fasilitas mewah seperti destinasi lainnya. Bahkan di Pulau Sangiang ini belum ada penginapan maupun hotel bagi wisatawan.

Di sisi lain, hal itu justru banyak disyukuri oleh wisatawan, karena dengan minimnya fasilitas mewah justru akan membuat pulau ini terlihat alami dan apa adanya. 

3. Pulau Lima

wisata serang

Pulau Lima dan sunsetnya yang menawan hati. Foto oleh @02aisyah

Pulau Lima merupakan salah satu wisata Serang yang masih baru dan berada di sekitaran Pulau Tiga dan Pulau Empat.

Pulau ini menawarkan panorama pantai dengan pasir putih yang lembut dan halus serta perairan yang tenang dan jernih. Di Pulau Lima ini juga terdapat hamparan hutan mangrrove yang membuatnya terlihat makin indah. 

wisata serang

Penginapan di Pulau Lima, wisata Serang dengan panorama pantai. Foto oleh @wisatapulaulima

Di Pulau Lima ini terdapat penginapan tepi pantai yang bisa disewa oleh wisatawan. Meski sederhana namun dari penginapan ini wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa cantik. Apalagi saat matahari mulai turun keperaduan dan senja mulai datang.

Aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Pulau Lima adalah bermain banana boat, snorkeling, dan memancing dari atas perahu. 

4. Pantai Anyer

wisata serang

Pantai Anyer yang asyik untuk mencar ketenangan. Foto oleh @felgra_photography

Pantai Anyer merupakan salah satu wisata Serang yang sudah sangat terkenal. Ombaknya yang cukup besar bisa dijadikan tempat untuk berselancar, walaupun tidak sebesar ombak pantai di Bali.

Membangun istana pasir dan membuat benteng pertahanan dari terjangan ombak bisa jadi aktivitas yang asyik dan menyenangkan. Apalagi jika berlibur ke pantai ini bersama anak-anak. 

Baca juga : 10 Pantai di Banten yang Harus Masuk Dalam Itinerary

wisata serang

Wisata Serang dengan banyak pilihan permainan. Foto oleh @fherdauz_erygar

Anyer pun menyediakan wahana bermain yang ak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Banana boat, jetsky, snorkeling, dan diving bisa dicoba di Pantai Anyer.

Lelah bermain air? Wisatawan bisa langsung berwisata kuliner dengan mencicipi varian seafood yang akan memuaskan lidah dan perut.

5. Curug Bumi

wisata serang

Curug Bumi, wisata Serang yang ssyik untuk camping. Foto oleh @mohparman

Curug Bumi atau Leuwi Bumi berada di Padarincang, Serang, Banten. Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi dan deras, namun kolam jernih di bagian bawah air terjunlah yang membuat wisata Serang ini sering dikunjungi wisatawan.

Biasanya orang yang datang ke wisata Serang ini akan memilih untuk mandi di kolam atau bermain cliff diving dari tebing di sisi kanan dan kiri. 

wisata serang

Biasnya wisatawan camping di sekitar Curug Bumi. Foto oleh @kikidahlan

Selain untuk bermain air, wisatawan yang datang ke Curug Bumi biasanya juga memilih menghabiskan waktu di sini dengan berkemah atau camping. Area di sekitar air terjun yang masih didominasi rimbunnya pepohonan menjadi spot yang asyik untuk camping dan menikmati keindahan alam lebih dekat lagi. 

Dapatkan ulasan menarik tentang Jawa Barat dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar