Sidebar

Pulau Socotra Yaman, Tempat Paling Terisolir yang Konon Dihuni Dajjal

Banyak rumor beredar bahwa Pulau Socotra Yaman merupakan tempat Dajjal bersembunyi menunggu hari kiamat . Rumor ini berasal dari salah satu hadits shahih.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Pulau Socotra atau Suquthra merupakan sebuah kawasan kepulauan kecil di Samudra Hindia. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Yaman. Berada 80 km di timur dari Tanduk Afrika, dan 380 km di selatan dari Jazirah Arab. Pulau Socotra oleh para ilmuwan dianggap sebagai tempat paling terisolir di bumi karena 1/3 dari flora dan fauna di dalamnya sangat endemik, hanya dapat ditemui di tempat ini.

Pulau Socotra adalah pulau berpenghuni dengan kondisi alam yang seolah tak terjamah zaman. Padahal jika dilihat dari geografisnya, Pulau Socotra tidak terlalu terpencil, pesawat maupun kapal laut jelas masih bisa dengan mudah untuk menjangkaunya. Penduduk lokal pun tidak tersentuh oleh peradaban modern. Adat istidatnya kuno dan masih sama dengan ribuan tahun lalu. Dalam perdagangan mereka masih memakai sistem barter.

Keanehan Pulau Socotra di Yaman

Terdapat sekitar 1.142 spesies flora dan fauna endemik di Pulau Socotra yang hanya tidak bisa ditemukan di belahan bumi manapun. Berbagai spesies tersebut telah beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan rentang suhu, tingkat kelembapan, dan ketinggian. Secara unik, flora dan fauna di pulau ini juga beradaptasi dengan panas, gersang dan kerap disapu angin.

(amusingplanet.com)

Salah satu flora unik di Pulau Socotra adalah spesies tumbuhan unik yang dikenal dengan Pohon Darah Naga atau Pohon Suji Darah. Tumbuhan ini menjadi lambang botanis bagi Pulau Socotra. Morfologi Pohon Darah Naga begitu tidak biasa, cabang pohonnya menghadap ke atas mirip payung terbalik. Hal ini berguna untuk menyerap lembab dari kabut dataran tinggi. Getah pohonnya merah, serupa darah segar.

Pulau ini dijaga oleh spesies ular-ular besar yang menghuni setiap gua-gua di Socotra. Terdapat bunglon endemik dari jenis Chamaeleo monachus yang oleh penduduk lokal dianggap ajaib karena desisannya dapat membuat siapapun yang mendegarnya menjadi bisu. Keong darat memanjat pohon untuk menghindari panas di Daratan Zahr yang tandus di Socotra. Kepiting air tawar endemik Socotra adalah mata rantai tertinggi makanan air.

Tempat Tinggal Dajjal?

Banyak rumor beredar bahwa Pulau Socotra merupakan tempat dimana Dajjal bersembunyi menunggu hari kiamat datang. Dalam salah satu hadits shahih secara tidak langsung Nabi Muhammad merujuk pulau ini sebagai tempat berdiamnya Dajjal. Jika dikorelasikan dengan segala keanehan yang ada, bukan tidak mungkin Dajjal memang tinggal dan bersemayam di sini.

(travelsisters.co)

Menurut hadistnya, Nabi mengisahkan seorang pelaut Arab yang tersesat dan terdampar di sebuah Pulau. Di Pulau tersebut, para pelaut bertemu sosok tinggi besar yang mengaku sebagai Dajjal. Ketika ditanya sahabat terkait lokasi pulau tersebut, Nabi menunjuk timur dan mengatakan Laut Yaman. Dari hal ini banyak yang berasumsi bahwa tempat yang dimaksud adalah Pulau Socotra.

UNESCO menetapkan Pulau Socotra sebagai salah satu situs warisan dunia karena keunikan ekosistem dan pulaunya. Meskipun begitu, sangat jarang tempat ini dikunjungi oleh wisatawan. Entah karena lokasinya yang begitu terisolir dan jauh dari peradaban manusia, atau takut jika sewaktu-waktu Dajjal tiba-tiba muncul dan menyerang setiap wisatawan yang berkunjung.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Maulid Nabi Dirayakan di Indonesia, Tapi Dilarang di Arab Saudi?

Wuhan Saat Ini, Pariwisata Resmi Dibuka Hingga Warga yang Pesta Pora

Lopburi, Kota Kuno di Thailand yang Dikuasai Geng Monyet Sadis

Perbedaan Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom, Sudah Tahu?

Taiwan Jadi Destinasi Paling Dicari 2020, Indonesia Malah Dihindari

Kerajaan Thailand di Ujung Tanduk, Rakyat Ngamuk Inginkan Reformasi!

FALLBACK
The END