Pulau Karampuang, Destinasi Wisata Rekomendasi Dinpar Mamuju

Jika ke Mamuju jangan lupa ke Pulau Karampuang. Suasananya bisa membuatmu lebih tenang.

Ditulis Oleh Wike Sulistiarmi

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat tahun ini fokus kembangkan objek wisata Pulau Karampuang. Fasilitas gazebo dan dermaga akan dihadirkan untuk membuat wisatawan makin betah berada di Pulau Karampang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mamuju, Sahari Bulan, mengatakan bahwa tahun ini alat transportasi pun akan ditambah untuk memudahkan wisatawan.

“Tahun ini kami juga akan melakukan pengadaan kapal sebagai alat transportasi para wisatawan menuju obyek wisata Pulau Karampuang,” ujar Sahari.

Wisatawan mancanegara cukup sering datang ke Pulau Karampuang

Pulau Karampuang

Pulau Karampuang. Foto oleh akhill.14

Sahari menambahkan bahwa keputusan untuk fokus pada Pulau Karampuang sebagai destinasi unggulan Mamuju karena destinasi ini sudah dikenal oleh wisatawan asing yang mencari spot bawah laut yang indah.

“Karampuang sudah pernah masuk juara tiga nasional dengan kategori surga tersembunyi di bawah laut, sehingga kita masih memfokuskan pengembangan di sana karena itu adalah ikon utama kita. Apalagi sekeras sudah ditunjang dengan adanya aliran listrik dari pembangkit tenaga Surya,” tambahnya.

Selain fokus mengembangkan Pulau Karampuang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mamuju juga telah berencana melakukan pembenahan obyek wisata Pantai Ngalo di Desa Pasa’bu, Kecamatan Tapalang Barat, Kali Mamuju, dan Air Terjun Tamasapi di Kelurahan Mamunyu, Kecamatan Mamuju.

“Tahun ini kita juga sudah mulai menggarap pengembangan Pantai Ngalo, kemudian air terjung Tamasapi kita sudah berkordinasi dengan PU mereka mengatakan sudah siap membantu pembenahan infrastruktur jalan menuju obyek wisata, Insya Allah tahun ini akan diperbaiki karena rusak sekitar 1,5 kilometer,” ujarnya.

***

Pulau Karampuang sendiri berada tidak jauh dari Pusat Kota Mamuju hanya 20 menit menggunakan perahu atau kapal.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang SULAWESI, tulisan lain Wike Sulistiarmi

Tag : , , ,



Next Post