Presiden Joko Widodo dan Keluarga Berkesampatan Mengerjakan Sholat di Dalam Kakbah

Jokowi masuk dalam Kakbah (Instagram/@jokowi)

Pada dini hari tanggal 14 April 2019 lalu, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana ditemani dua putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep bertolak menuju Arab Saudi untuk memnuhi undangan khusus dari Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud di Istana Kerajaan yang berlokasi di Riyadh. Sebagai bentuk penghormatan kepada tamu, putra mahkota Kerajaan Arab Saudi yaitu Muhammad bin Salmam juga turut mengundang Presiden Joko Widodo dan keluarga untuk bertemu secara terpisah di Riyadh. Selain memenuhi undangan khusus dari Raja Salman, di Arab Saudi Presiden Joko Widodo juga melaksanakan ibadah umroh.

Rombongan keluarga Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional King Khalid Riyadh pada pagi hari tanggal 14 April 2019 dan disambut hangat oleh Gubernur Riyadh, Pangeran Faisal bin Bandar Al-Saud serta Menteri Perdagangan dan Investasi Arab Saudi, Majid bin Abdullah Al-Qassabi. Di Riyadh Presiden Jokowi akan menemui Raja Salman pada siang hari sekaligus bersantap siang, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan dengan putra mahkota Muhammad bin Salman. Pada malam harinya Presiden Joko Widodo dan keluraga melaksanakan ibadah umroh.

Ada yang berbeda dari ibadah umroh yang dijalankan Presiden Joko Widodo dan keluarga, yaitu diberikannya kesempatan untuk bisa melaksanakan ibadah sholat di dalam bangunan Kakbah di Masjidil Haram. Kakbah merupakan bangunan suci yang menjadi arah kiblat sholat bagi umat Islam sangat dijaga ketat dan tidak bisa dimasuki secara sembarangan. Kehormatan memasuki Kakbah diberikan langsung oleh Raja Salman kepada keluarga Presiden Joko Widodo.

Melalui akun Instagram pribadinya, Presiden Joko Widodo mengaku bersyukur kepada Allah SWT untuk kesempatan menjejak ruang dalam Baitullah. Dari dalam Kakbah Presiden Joko Widodo berdoa, “Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, kehormatan, keagungan, dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati dan mengagungkannya diantara mereka yang berhaji atau yang berumroh padanya dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran, dan kebaikan.”

Rombongan keluarga Joko Widodo telah berada di dalam Kakbah menjelang subuh. Di dalam ruangan kosong yang sedikit gelap, Presiden Joko Widodo melaksanakan sholat sunah dua rakaat. Sholat dilaksanakan dengan menghadap empat penjuru Kakbah. Saat azan subuh berkumandang, keluarga Presiden Joko Widodo keluar dari pintu Kakbah dengan rasa syukur yang tiada terhingga. Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana berserta kedua putranya dijadwalkan akan tiba kembali di Indonesia pada tanggal 15 April 2019 malam .

Dapatkan ulasan menarik tentang joko widodo dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar