Momen Dramatis, Pesawat Ryanair Oleng saat Dihantam Badai

Apa jadinya jika pesawat yang kita tumpangi oleng? Apakah berbahaya bagi penumpang yang ada di dalamnya? Inilah yang terjadi pada Ryanair September lalu.

Ditulis Oleh Astrid S

Pesawat Ryanair menjadi korban Badai Ali yang menerjang Inggris Raya dan Irlandia. (Independent)

Tragedi yang muncul ketika traveling pastinya akan sering terjadi. Selain karena kecerobohan diri, cuaca yang buruk pun bisa membuat liburan Anda menjadi suram. Hal inilah yang terjadi kepada para penumpang Ryanair dari Brimingham, Inggris, pada 19 September lalu. Pesawat yang mereka tumpangi oleng ketika hendak terbang karena adanya Badai Ali yang kencang.

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Selama Evakuasi Pada Kecelakaan Pesawat Terbang

Ryanair merupakan salah satu maskapai asal Dublin, Irlandia, dan telah berdiri sejak tahun 1984. Perusahaan penerbangan ini dikenal karena harga tiketnya yang murah dan cocok bagi Anda yang sedang plesiran dengan budget minim.

Pesawat Dihantam Badai

Pesawat Ryanair oleng ke kanan sebelum melakukan take off dari Bandara Brimingham pada Rabu (19/09).

Seperti video yang diunggah oleh akun flugsnug di YouTube pada 19 September lalu, pesawat Ryanair terlihat bergoyang-goyang sebelum akhirnya terbang. Hal ini terjadi karena adanya Badai Ali yang melanda Inggris Raya dan Irlandia. Dengan kecepatan 120 mph, Badai Ali menghembuskan angin yang sangat kencang sehingga bisa membuat pesawat bergoyang.

Awalnya pesawat berjalan seperti pada umumnya di landasan. Namun, sebelum pesawat terbang, moncong pesawat condong ke kanan sebelum akhirnya lepas landas. Asosiasi Pilot Maskapai Inggris atau Balpa menyatakan walaupun dalam video tersebut terlihat mengerikan, tetapi hal yang dilakukan pilot sebenarnya tidak berbahaya.

Juru bicara Balpa, dilansir dari Daily Mail, menyatakan “Pilot secara spesifik dilatih untuk menerbangkan pesawat dalam semua situasi yang mungkin terjadi, termasuk ketika angin kencang. Teknik untuk melakukan take off dalam situasi berawan dari tiap maskapai mungkin berbeda namun tujuan umumnya adalah untuk memprediksi bagaimana pesawat bereaksi terhadap angin ketika sudah mulai kencang dan pilot sudah menggunakan kontrol tenaga agar membuat pesawat tetap stabil.”

Baca Juga: Ini yang Terjadi Jika Pesawat Terbang Menabrak Burung di Ketinggian

Menanggapi video mengenai olengnya Ryan Air, juru bicara Balpa menambahkan, “Walaupun terlihat mengerikan, itu adalah sesuatu yang biasa dilatih kepada para pilot secara rutin dan tidak menimbulkan alarm (tanda berbahaya-red)”.

Maka dari itu, hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi, terutama ketika sedang cuaca buruk. Namun, tetap waspada dan memperhatikan peraturan dasar ketika berada di dalam pesawat bisa membantu Anda jika terjadi kejadiaan tak terduga.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang INFO PENERBANGAN, tulisan lain Astrid S

PHINEMO AKAN MELUNCURKAN FITUR TERBARU AGAR ANDA DAPAT MEMESAN PAKET LIBURAN TERBAIK DENGAN MUDAH. MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK TAHU LEBIH BANYAK.

* indicates required

Tag : , , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post