Ini yang Terjadi Jika Pesawat Terbang Menabrak Burung di Ketinggian

Foto/Akurat.co

Turbulensi jadi hal yang begitu ditakuti para penumpang pesawat. Padahal selain turbulensi, ada hal mengerikan dan mengancam nyawa yaitu tabrakan antara pesawat dengan burung. Ya, terdengar remeh, tapi ketika burung menabrak pesawat akibatnya akan sangat fatal bahkan bisa menyebabkan pesawat terjatuh.

Tak percaya? Berikut ulasannya mengapa tabrakan antara pesawat dan burung sangat membahayakan pesawat dan penumpang di dalamnya.

Baca juga: Sebelum Naik Pesawat, Ketahui 10 Rahasia Penerbangan Berikut Ini

Bisa mengakibatkan mesin pesawat mati

pesawat terbang

Burung besar ini bahkan sampai masuk ke bagian dalam pesawat. Foto dari steemit.com

Dilansir dari Telegraph, sebagian besar insiden ini terjadi di siang hari, khususnya saat lepas landas dan hendak mendarat karena biasanya burung terbang dalam ketinggian 150 meter. Jika pesawat menabrak burung biasanya ia akan masuk ke baling-baling.

Setelah masuk ke baling-baling, bukan tidak mungkin mesin pesawat akan rusak karena bagian tubuh burung remuk dan membuat mesin macet. Tapi jangan khawatir, karena meskipun satu pesawat rusak, satu mesin tetap akan membawa penumpang sampa ke tujuan.

“Kehilangan satu mesin tidak akan menyebabkan pesawat jatuh karena pesawat dirancang untuk bisa terbang hanya dengan satu mesin.” ujar Patrick Smith, seorang pilot Amerika Serikat sekaligus penulis buku Cockpit Confidental.

Baca juga: Burung Elang Tabrak Pesawat Bikin Heboh Penumpang

Hal ini diperkuat oleh argumen Stephen Landells, seorang spesialis keselamatan penerbangan dri British Airlines Pilot Association (BALPA) di mana pesawat memang dirancang untuk menahan serangan burung, jadi tak perlu dikhawatirkan.

“Pesawat dirancang dan dibuat untuk menahan burung. Dan pilot menjalani pelatihan ketat agar bisa menghadapi kejadian seperti serangan burung,” ujarnya.

Ia juga telah mengalami lebih dari 10 kali tabrakan burung selama terbang, tapi tak satupun yang berakibat fatal untuk penerbangannya.

Dilansir dari Express UK, antara tahun 1990 hingga 2015 ada sekitar 160.894 insiden tabrakan burung berbagai ukuran di Amerika Serikat. Bila dihitung, hanya 0,25 persen saja yang mengakibatkan kecelakaan. Jadi jangan terlalu khawatir.

Kasus tabrakan burung di dunia yang mengerikan

Meskipun tabrakan burung terkesan bukan masalah besar, namun Anda harus tetap waspada dengan mempelajari cara penyelamatan selama terbang karena ada beberapa pesawat terbang tabrak burung besar yang mengakibatkan kerusakan fatal. Berikut ini beberapa yang kasus yang pernah geger di dunia:

pesawat terbang

Burung Elang membuat pesawat ini berlubang besar. Foto/Dailymail

Penumpang Saudi Arabia Airlines Airbus A333 kaget ketika mendapati sayap pesawat yang ditumpangi mereka berlubang karena menabrak burung elang. Terlihat kerusakan itu sangat serius meskipun pihak maskapai akhirnya mendarat dengan lancar.

Bayangkan jika sayap pesawat itu rusak parah, tentu akan membuat keseimbangan pesawat terganggu dan tidak mungkin membuat sebuah kecelakaan.

pesawat terbang

Ketika jet ditabrak burung. Hancur. Sumber foto

pesawat terbang

Sayap pesawat yang menabrak burung. Sumber foto

pesawat terbang

Burung masuk di baling-baling pesawat. Sumber foto

pesawat terbang

Kaca depan sebuah helikopter. Sumber foto

pesawat terbang

Kaca pesawat yang tertabrak burung. Sumber foto

pesawat terbang

Burung besar ini bahkan sampai masuk ke bagian dalam pesawat. Sumber foto

 

Dapatkan ulasan menarik tentang Info Penerbangan dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar