Perbedaan Biro Perjalanan dan Agen Perjalanan Wisata yang Perlu Anda Pahami

Perbedaan antara Biro Perjalanan dan Agen Perlanan Wisata yang harus diketahui (Instagram/@prangnarin.w).

Seringkali seorang calon wisatawan maupun pelaku bisnis itu sendiri gagal memahami antara Biro Perjalanan Wisata (BPW) dan Agen Perjalanan Wisata (APW). Walaupun bergerak di bidang bisnis yang sama, nyatanya antara BPW dan APW sedikit agak berbeda.

BPW menurut UU No.9 Tahun 1990 Pasal 12 didefinisikan sebagai usaha penyedia jasa perencanaan dan / atau jasa pelayanan dan penyelenggaraan wisata. Sedangkan APW adalah usaha yang menyelenggarakan perjalanan yang bertindak sebagai perantara dalam menjual atau mengurus jasa. Keduanya sama-sama berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Antara BPW dan APW memiliki perbedalaan dalam sisi perijinan. APW hanya mendapatkan izin untuk bertindak sebagai retailer atau pengecer dari beragam produk-produk layanan (jasa) wisata sesuai dengan keagenan yang ditunjuk atau dimandatkan. Lebih luas lagi, BPW tak hanya diijinkan sebagai penjual jasa layanan wisata namun juga menjadi operator dari kompilasi layanan wisata yang dijadikan produk paket wisata yang menjadi kontrak layanan yang dibuat berdasarkan program yang disepakati dan tertera dan brosur atau paket wisatanya.

Dari sisi fungsi antara BPW dan APW juga menjalankan tugas yang berbeda. BPW bertugas untuk memberikan penerangan atau informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia wisata pada umumnya dan perljalanan wisata khususnya. Secara tak langsung hal ini memberitahukan bahwa BPW juga dapat bertindak sebagai APW. Sedangkan APW hanya bertindak sebagai perantara dan organisator saja.

Kini yang menjadi kesulitan dari sebuah penyelanggara wisata yaitu tidak adanya ketersediaan tempat untuk memperkenalkan produk-produknya. Walaupun ada tempat tersebut memberikan tarif yang kiranya tak mungkin bisa dijangkau oleh pihak penyelenggara wisata kelas menengah ke bawah. Tak Perlu terlalu risau, Phinemo Marketplace hadir untuk memberikan tempat secara gratis untuk mempromosikan produk wisatanya. Syarat yang mudah anda akan dapat menjangkau target pasar yang lebih luas lagi.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar