Pengungsi Gunung Agung Terus Bertambah, Airbnb Sediakan Tempat Tinggal Gratis

Aktivitas Gunung Agung, Bali yang masih belum stabil. Sumber foto

gunung agung

Aktivitas Gunung Agung, Bali yang masih belum stabil. Sumber foto.

Tidak stabilnya Gunung Agung di Bali membuat masyarakat sekitar memutuskan untuk mengungsi. Pada hari Jumat (22/9), aktivitas Gunung Agung meningkat lagi menjadi Level IV (awas).

Hal tersebut dilakukan oleh PVMBG Badan Geologi karena adanya peningkatan aktivitas vulkanik dan kegempaan Gunung Agung. PVMBG kemudian menyarankan kepada seluruh warga sekitar dan wisatawan yang datang untuk tidak beraktivitas, tidak melakukan pendakian, dan tidak berkemah di kawasan kawah Gunung Agung dan di seluruh area dengan radius 9 kilometer dari Puncak Gunung Agung.

Jumlah pengungsi saat ini bertambah setiap harinya dan sudah mencapai 90.000-an jiwa. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  juga sudah menyediakan 640.000 masker wajah, 12.520 matras, 8.400 selimut, uang tunai senilai 1 Miliar rupiah, dan 50 tenda pengungsi. Selain BNPB masih banyak masyarakat yang ingin membantu para pengungsi tersebut, salah satunya adalah platform pemesanan kamar Airbnb.

Berdasar siaran pers, Manajer Negara Airbnb Asia Tenggara, Hongkong & Taiwan, Robin Kwok menjelaskan bahwa, “Hari ini (28/9), Airbnb mengaktifkan Sarana Penanggulangan Bencana untuk membantu penduduk lokal yang terkena dampak aktivitas vulkanik di Bali. Dengan sarana ini, para pengungsi lokal dan mereka yang membutuhkan akomodasi mendesak akibat bencana ini dapat terhubung dengan tuan rumah Airbnb yang memfasilitasi rumah mereka secara gratis dari sekarang hingga 11 Oktober 2017.”

Pemilik rumah dan pengungsi dapat dihubungkan melalui Sarana Penanggulangan Bencana yang ada di laman Airbnb.

Sebenarnya konsep bantuan seperti ini sudah dimulai sejak 2012, pasca terjadinya Badai Sandy. Airbnb juga sudah menyediakan tempat tinggal gratis ketika terjadi Badai Harvey. Lebih dari 1.000 pemilik rumah di Texas dan Lousiana menawarkan rumahnya untuk menjadi tempat tinggal sementara bagi orang-orang yang membutuhkan dalam bencana seperti itu.

“Kami senang melakukan apa yang dapat kami lakukan untuk mendukung upaya tanggap darurat dan membantu siapa pun yang terkena dampak aktivitas vulkanik,” tambah Robin.

Jika Kamu bertempat tinggal di Bali dan ingin membantu para pengungsi dengan menyediakan tempat tinggal gratis, Kamu dapat menuju laman Bantuan Airbnb.

Selain itu, saudara-saudara kita yang berada di sekitar Gunung Agung masih membutuhkan bantuan untuk keselamatan mereka. Kamu dapat memberikan sumbangan berupa kebutuhan primer dan sekunder untuk mereka, informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi instagram @bucubali atau 087851366867.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Faiz Abi

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar