Apa itu AirBnB? Ini Fakta yang Harus Kamu Ketahui!

Foto berasal dari sini

 

sewa rumah

Foto berasal dari sini

Pernah mendengar atau membaca istilah airBnB sebelumnya? Istilah airBnB akan dengan mudah kamu temui dalam dunia traveling khususnya pada bidang akomodasi atau penginapan.

Mungkin kamu lebih akrab memesan penginapan melalui traveloka. Bila di traveloka, kamu nggak hanya bisa memesan penginapan tapi juga memesan tiket pesawat juga. Sedangkan airBnB hanya melayani pemesanan penginapan.

Bila didefinisikan, AirBnB merupakan layanan online yang menyediakan jasa sewa rumah atau apartemen yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Dengan kata lain, saat kamu sedang traveling dan membutuhkan penginapan, kamu bisa memesannya melalui AirBnB.

Perbandingan Pesan Penginapan di Traveloka Vs AirBnB

sewa rumah

Sekarang kita bandingkan, apa perbedaan antara sewa penginapan di Traveloka dan di AirBnB? Bila sebelumnya sudah jelas, airBnB hanya melayani pemesanan penginapan, sekarang saya perjelas lagi.

Lihat gambar di atas. Satu sisi pada gambar itu merupakan AirBnB, sedangkan sisi kanan adalah Traveloka. Yang kita bandingkan di sini adalah jenis penginapan yang mereka sediakan.

Bila Traveloka menyediakan jenis penginapan seperti hotel, hostel, dan guest house, maka sebaliknya dengan AirBnB. Layanan online penyedia jasa penginapan ini mengaku ingin memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung dengan menyewakan rumah, apartemen, atau villa.

Rumah dan apartemen yang mereka sewakan merupakan rumah warga lokal. Dalam hal ini, AirBnB memang bekerja sama dengan warga setempat untuk menyewakan rumah mereka. Warga yang ingin menyewakan rumah atau apartemen harus mendaftar sebagai anggota AirBnB terlebih dahulu. Setelah resmi mendaftar, mereka berhak menentukkan harga sewa rumah sesuai yang mereka inginkan.

Bagaimana Cara Pembayarannya?

sewa rumah

Lalu, bagaimana cara pembayarannya? Bagi kamu yang ingin memesan penginapan lewat airBnB, pembayaran bisa kamu lakukan dengan beberapa opsi pembayaran seperti Kartu Kredit atau Kartu Kredit Prabayar (Visa, MasterCard, Amex, Discover, JCB) atau paypal.

Kita nggak perlu khawatir dengan penipuan masalah pembayaran. Karena pembayaran yang kita lakukan akan langsung masuk ke AirBnB finance terlebih dahulu. Ketika kita sudah check in dan check out, pihak AirBnB finance kemudian meneruskan ke pemilik properti.

FAQ tentang AirBnb

Ini hal-hal yang biasanya ditanyakan para calon pengguna AirBnb tentang AirBnB pada saya:

Apakah harus membayar DP terlebih dahulu?

Sayangnya, memesan rumah di AirBnB harus dibayarkan secara full. Kamu nggak bisa membayar DP seperti memesan hotel atau hostel lain.

Kalau tidak punya kartu kredit, bagaimana cara pembayarannya?

Sebenarnya bisa saja membayar rumah dengan menggunakan Google wallet. Namun, Google wallet hanya bisa digunakan buat kamu pemakai android di US. Sedangkan untuk Indonesia, hanya melayani pembayaran kartu kredit.

Apakah AirBnB terpercaya?

Mungkin kamu juga akan mempertanyakan, apakah sewa rumah di AirBnB terpercaya? Saya tidak berani menjamin bila pemesanan di AirBnB 100% bisa dipercaya. Karena, beberapa kali sering terdengar kasus penipuan melalui airBnB.

Adakah Trik Agar Tidak Terkena Penipuan?

Penipuan itu mungkin saja ada, tapi kamu masih menghindarinya kok. Tips memilih rumah atau apartemen yang baik yaitu:

  • lihatlah review rumah tersebut. Semakin baik reviewnya berarti rumah tersebut semakin terpercaya.
  • Lihatlah rating rumah tersebut. Kamu bisa melihat jumlah rating yang ada. Semakin banyak jumlah rating, semakin tinggi nilai kualitas rumah atau apartemen tersebut.
  • Jangan tergoda dengan harga. Murah belum berarti mempunyai kualitas buruk. Sebaliknya, rumah yang mahal belum tentu mempunyai reputasi yang baik. Pertimbangkan harga, lokasi, dan foto-foto yang ditampilkan.

Apakah kita tinggal bersama pemilik rumah?

Iya dan tidak. Beberapa rumah memang disewakan kamar beserta isinya, termasuk tinggal bersama pemilik rumah. Namun, nggak semua pemilik rumah atau apartemen tinggal bersama pengunjung. Banyak dari mereka yang hanya menyewakan rumah atau apartemen kosong.

Apakah ada jam malam?

Untuk pengaturan jam malam bergantung pada pemilik rumah. Merekalah yang menentukan seluruh peraturan di dalam rumah. Mulai dilarang merokok, pengaturan jam malam, pembayaran pajak, larangan membawa hewan peliharaan, dan lainnya. Semua peraturan tertulis pada airBnB. Masing-masing rumah mempunyai aturan berbeda.

Apakah menyediakan sarapan?

Ada tidaknya sarapan bergantung pada pemilik rumah. Semua fasilitas yang diberikan tertulis pada profile airBnB empunya rumah.

Berapakah maksimal jumlah pengunjung?

Pemilik rumah telah menentukan berapa jumlah minimal dan maksimal orang yang boleh menginap di rumah mereka. Semua ketentuan sudah dituliskan.

Murah atau mahal?

Tergantung. Murah atau mahal tergantung fasilitas yang ditawarkan dan uang yang kamu punya. Penginapan model rumah pohon di Bali disewakan dengan harga 300 ribu rupiah. Fasilitas yang didapat ya standard, cuma kamar tidur, toilet umum, dan pemandangan alam yang indah.

Apakah di Indonesia sudah banyak rumah yang disewakan di AirBnB?

Sampai sejauh ini, sudah banyak rumah, villa, dan apartemen yang disewakan. Khususnya di kota-kota besar dan kota wisata. Seperti Bali, Lombok, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

Baca Juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Echi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran