Sidebar

Bikin Bangga, Pempek Palembang Melanglang Buana dan Kian Populer di Mata Dunia

Bikin Bangga, Pempek Palembang Melanglang Buana dan Kian Populer di Mata Dunia

Tak hanya lezat, keunikan dan orisinalitas pempek Palembang menjadikannya kian populer dan diminati, bahkan oleh negara tetangga

SHARE :

Ditulis Oleh: Himas Nur

Pempek Palembang, makanan khas asli Sumatera Selatan ini kian tak diragukan lagi kelezatannya. Tak hanya lezat, namun keunikan dan orisinalitas kuliner ini menjadikannya makin diminati, bahkan oleh negara-negara luar.

Baca Juga: Liburan ke Palembang? Ini Tempat Wisata Kuliner selain Pempek yang Wajib Anda Singgahi

Kementerian Pariwisata mencatat, setidaknya 7 ton pempek dikirim keluar negeri dalam kurun waktu satu bulan. Pengiriman jumlah yang banyak tersebut, menjadikan pempek kini menjadi makanan favorit di mata dunia.

Dikabarkan bahwa Thailand, Singapura dan Malaysia adalah negara-negara yang paling sering memesan makanan favorit khas Palembang ini.

“Sekarang dalam satu bulan 7 ton pempek Palembang dikirim ke negara tetangga,” ujar Menteri Pariwisata, Arief di Palembang, Sumatera Selatan pada Kamis (9/8/2018) lalu, dilansir Kompas.

salah satu gerai makanan yang menjualpempek kuliner khas Palembang (Foto/Kontan)

Diprediksi pengiriman pempek ini akan kembali bertambah ketika pelaksanaa pesta olahraga Asian Games 2018 diselenggarakan.

Selain pempek, Palembang juga terkenal akan kain songket khas Sumatera Selatan. Namun penjualan kain ini masih belum bisa menyamai kepopuleran pempek, hal ini dapat ditinjau pada persentase penjualan kain songket yang  masih di kisaran angka 20 persen.

Baca Juga: Jelang Asian Games, Palembang Miliki Tourist Information Center yang Super Canggih

Berdasarkan penjuaan pempek yang makin berjaya, Kementerian Pariwisata berencana memasukkan pempek di urutan keenam sebagai makanan khas nasional dari Indonesia.

“Untuk sekarang baru lima makanan nasional yang masuk, yakni rendang, soto, nasi goreng, gado-gado dan tempe. Pempek akan kita masukan diurutan ke enam. Momen Asian Games juga kita manfaatkan untuk mempromosikan pempek,” ungkap Arief mengakhiri.

SHARE :


Rekomendasi

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

5 Tempat untuk Berenang dan Berfoto Bersama Hiu Paus di Indonesia

FALLBACK
The END