Sidebar

Cara Membuat Paspor Online, Langkah Mudah Tanpa Antre Lama

Melalui sistem ini, cara pembuatan paspor online diharapkan proses pembuatan paspor dapat lebih cepat dan mampu menjangkau masyarakat luas.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang di suatu negara, berisi identitas asli dan berlaku untuk perjalanan antar negara. Paspor menjadi syarat mutlak yang harus dipernuhi oleh setiap orang yang akan masuk ke suatu negara asing. Pembuatan paspor di Indonesia dilakukan di Kantor Imigrasi di beberapa kota tertentu.

Seiring dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, kini untuk membuat paspor dapat dilakukan secara online. Melalui sistem online ini diharapkan proses pembuatan paspor dapat lebih cepat dan mampu menjangkau masyarakat luas.

Persyaratan yang Harus Dipersiapkan

  1. E-KTP Asli beserta fotokopinya.
  2. Kartu Keluarga Asli beserta fotokopinya.
  3. Akta kelahiran, ijazah (SD/SMP/SMA), surat/buku nikah, atau surat baptis asli beserta fotokopinya. Untuk dokumen ini, Anda hanya perlu memilih salah satunya saja, misalnya hanya akta kelahiran. Namun, pastikan pada dokumen tersebut terdapat informasi mengenai nama, tempat & tanggal lahir, serta nama orang tua.
  4. Materai 6000.

Proses Pembuatan Paspor Secara Online

(blog.pergi.com)

Mendafatr untuk mengajukan pembuatan paspor sudah tidak perlu lagi datang langsung ke kantor imigrasi dan mengantre. Semua proses pengambilan nomor antrean pembuatan paspor dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

  1. Khusus pengguna ponsel Android dan IOS dapat menggunakan aplikasi “Antrian Paspor” yang dapat diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini secara resmi dikembangkan oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Indonesia.
  2. Setelah terinstal, selanjutnya daftarkan diri dengan membuat username dan password terlebih dahulu. Lengkapi formulir identitas meliputi nama, NIK, nomor ponsel, email, hingga alamat lengkap.
  3. Setelah pengisian formulir selesai selanjutnya pendaftaran akun akan diverifikasi melalui email.
  4. Khusus bagi Anda pengguna ponsel Android, Anda perlu download aplikasi “Antrian Paspor” di Google Play Store. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan langsung oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Indonesia.
  5. Buka aplikasi dan daftarkan diri Anda sesuai dengan formulir yang tersedia. Mulai dari membuat username dan password, mengisi nama, NIK, nomor hp, email, hingga alamat lengkap.
  6. Setelah mengisi formulir dengan lengkap, selanjutnya pendaftaran akun Anda akan diverifikasi melalui email.
  7. Lalu setelah diverifikasi, Anda bisa langsung login ke akun Anda menggunakan email dan password yang sudah dibuat.
  8. Setelah login, pilih wilayah kantor imigrasi yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda.
  9. Selanjutnya, isi data permohonan antrean paspor, mulai dari tanggal yang diinginkan untuk pembuatan paspor, jam, hingga jumlah pemohon.
  10. Setiap kantor imigrasi memiliki kuota harian untuk pengajuan pembuatan paspor. Jadi, pastikan bahwa pengajuan antrean paspor Anda sudah disetujui dan masuk kuota harian sesuai tanggal yang dipilih.
  11. Apabila sudah disetujui, Anda bisa datang langsung ke kantor imigrasi yang sudah dipilih sesuai tanggal dan jam yang Anda ajukan di aplikasi.
  12. Tunjukkan kode booking atau QR Barcode yang ada pada akun Anda kepada petugas admin atau resepsionis yang ada di kantor imigrasi.
  13. Petugas kemudian akan memberikan Anda kertas atau bukti cetak antrean yang berisi nomor urut panggilan pembuatan paspor.

Setelah mendapatkan kuota antrean pembuatan paspor, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan persyaratan dan datang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

  1. Silakan datang langsung ke kantor imigrasi yang sudah Anda pilih sesuai tanggal dan jam yang sudah disetujui.
  2. Pastikan datang lebih awal dari jam yang tertera dalam antrean.
  3. Bawa semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan alat tulis. Susun dengan rapi dan masukkan ke dalam amplop dokumen atau map.
  4. Gunakan pakaian yang rapi dan bersih. Disarankan untuk menggunakan pakaian atau atasan selain warna putih. Sebab, saat foto pembuatan paspor, background yang digunakan pada sesi foto di ruang layanan pembuatan paspor akan berwarna putih.
  5. Ketika datang ke kantor imigrasi, berikan kode booking atau foto QR Barcode pada petugas layanan/resepsionis.
  6. Petugas akan mengescan QR Barcode tersebut dalam bentuk cetak berisi nomor urut panggilan pembuatan paspor.
  7. Selain memberi nomor urut panggilan, petugas juga akan mengecek kelengkapan dokumen yang sudah Anda bawa.
  8. Apabila kelengkapan dokumen sudah sesuai persyaratan yang berlaku, maka petugas akan memberikan kamu formulir data diri yang perlu diisi di dalam map berwarna kuning.
  9. Sambil menunggu panggilan, kamu perlu mengisi formulir yang sudah diberikan petugas secara benar dan lengkap.
  10. Saat tiba giliran Anda, berikan semua dokumen kepada petugas yang berwenang.
  11. Petugas yang berwenang mengurus pembuatan paspormu juga akan melakukan wawancara singkat. Biasanya, pertanyaan yang diajukan adalah seputar alasan Anda mengajukan pembuatan paspor. Tidak perlu khawatir, jawab saja semua pertanyaan yang diajukan petugas dengan jujur.
  12. Apabila dokumen sudah sesuai dan memenuhi syarat, petugas akan melanjutkan proses ke tahap berikutnya yaitu pengisian data ke dalam sistem komputer, memindai sidik jari, dan sesi foto.
  13. Jika sesi foto sudah selesai, artinya proses pembuatan paspor sudah hampir selesai. Anda akan diberi bukti pengambilan paspor beserta instruksi pembayaran biaya pembuatan paspor.
  14. Pembayaran biaya pembuatan paspor dilakukan dengan cara transfer ke nomor rekening resmi yang diberikan pihak imigrasi. Bank yang bisa dipilih untuk pembayaran paspor di antaranya adalah BNI, Mandiri, BRI, dan BCA.
  15. Paspor bisa langsung diambil tiga hari setelah pembayaran dilakukan. Jangan lupa membawa bukti pengambilan serta struk bukti pembayaran saat datang ke kantor imigrasi.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Orang Jawa Dibenci Masyarakat Luar Pulau Jawa? Ini Alasannya

Dusun Butuh Magelang, Desa Tertinggi yang Viral Karena Mirip Nepal

Rumah Paris Yogyakarta, Penginapan Unik ala Eropa di Pantai Parangtritis

Wisata ke Pulau Komodo Kembali Dibuka, Begini Cara Pendaftarannya

Tajug Loro Yogyakarta, Akomodasi Tersembunyi yang Murah dan Nyaman

Kenapa Dieng Bersalju Setiap Tahun? Fenomena Langka di Negeri Tropis

FALLBACK
The END