Sidebar

Pantai Tiga Warna Malang, Pantai Tersembunyi di Area Konservasi

Pantai Tiga Warna, keindahan pantai di Malang Selatan yang dilindungi di area konservasi.

SHARE :

Ditulis Oleh: Shabara Wicaksono

 

A photo posted by malangkipa (@malangkipa) on

Jika semua pantai memiliki aturan ketat seperti di Pantai Tiga Warna Malang, mungkin nasib wisata pantai Indonesia tak akan berakhir dengan tumpukan-tumpukan sampah. Pantai-pantai tersebut akan tetap indah seperti pada awal ditemukan.

Baca juga rekomendasi wisata Malang yang hits di instagram tahun 2017

Pantai di Malang Selatan ini merupakan kawasan konservasi bakau dan terumbu karang. Pintu masuk Pantai Tiga Warna bersebelahan dengan Pulau Sempu -pulau konservasi yang lebih dulu ramai diperbincangkan oleh traveler di dunia maya akan keindahannya, namun, akhirnya pulau konservasi tersebut menjadi lokasi penimbunan sampah.

Kurangnya pengawasan membuat Pulau Sempu akhirnya rusak karena banyak turis yang tak bertanggung jawab dengan melakukan aksi vandalis . 


Melihat keindahan Pantai Tiga Warna, mungkin serasa melihat kawasan deretan pantai di Bali. Bedanya, pantai di Malang Selatan ini tak bagitu ramai seperti pantai-pantai di pulau dewata itu. Inilah pantai yang memiliki tiga gradasi warna: putih, hijau, dan biru. Sungguh cantik!

Baca juga opini tentang vandalism di Pulau Sempu

Aturan berkunjung ke Pantai Tiga Warna

Jangan berkunjung ke Pantai Tiga Warna ini, jika belum melakukan reservasi. Tak ingin pulang dengan sia-sia bukan? Karena, setiap harinya akan dilakukan pembatasan pengunjung demi menjaga kelangsungan pantai ini. Mengunjungi Pantai Tiga Warna terbilang cukup ketat. Barang-barang pengunjung akan diperiksa dan didata satu per satu di pos tiket masuk. Inilah wisata yang juga memberikan contoh baik kepada para traveler. Karena setiap pengunjung berhak mendapat satu pohon untuk ditanam.

Dari pos tiket masuk, pengunjung masih harus berjalan 2 km untuk mencapai pantai tersebut. Jalanan berupa turunan jalan sempit.

Setiap pengunjung akan didampingi oleh guide yang akan dipandu dalam 1 rombongan berjumlah maksimal 10 orang. Jika datang hanya berdua atau sedikit orang, pengunjung pantai akan digabungkan dengan rombongan lain. Biaya per guide dikenakan Rp 100.000,- per rombongan.

Apa yang bisa dilakukan di Pantai Tiga Warna?

 

A photo posted by Lestari Ayuningsih (@lestarian_) on


Kawasan konservasi ini memiliki keindahan bawah laut yang cukup menyenangkan bagi para pemula khususnya. Pantai Tiga Warna sering dijadikan tempat snorkeling. Tak membawa peralatan snorkeling? Pantai Tiga Warna menyediakan fasilitas penyewaan dengan harga Rp 15.000,- per set, meliputi pelampung, kacamata, dan alat bantu napas.

Jika ingin camping, bisa juga mendirikan tenda di dua pantai terdekat yakni Pantai Gatra dan Pantai Clungup. Biaya sewa tenda dikenakan Rp 50.000,-

Untuk aturan reservasi selengkapnya bisa dilihat di sini.

Lokasi: Desa Sendang Biru, Kecamatan Sitiarjo, Malang Selatan.

Kontak reservasi: +62 812 3333 9889

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kampung Lumbung Hotel, Akomodasi Unik Ramah Backpacker di Malang

Ubud Hotel & Cottages Malang, Akomodasi Murah Ala Alam Tropis Bali

The Onsen Resort Malang, Hotel Mewah dengan Onsen Khas Jepang

Amarta Hills Hotel & Resort, Akomodasi di Batu dengan Panorama Indah

5 Penginapan Murah dan Mewah di Malang untuk Persinggahan Liburan

Hotel Tugu Malang, Penginapan Mewah yang Bersejarah dan Horor

FALLBACK
The END