Benarkah Orangtua Lebih Suka Bawa Liburan Anak ke Pantai daripada ke Gunung?

Meskipun gunung lebih asik tapi orangtua lebih suka bawa liburan anak ke pantai daripada ke gunung.

Ditulis Oleh Wike Sulistiarmi

Indonesia memiliki banyak sekali keindahan mulai dari pantai hingga gunungnya. Namun setiap orang memiliki selera berbeda-beda dalam menikmati keindahan Indonesia. Ada yang lebih cenderung suka pantai tapi ada juga yang suka gunung, termasuk para orangtua yang ingin mengenalkan anaknya pada alam Indonesia. 

Lalu bagaimana tanggapan orangtua terhadap dua destinasi ini? Apakah destinasi terbaik untuk berlibur dengan anak? 

Berdasarkan survey, orangtua lebih suka membawa anak ke pantai daripada gunung

orangtua liburan

Hasil survey Phinemo.

Kami telah melakukan survey di sosial media Phinemo dengan responden 233 orangtua pada 28 Desember 2017. Hasil menunjukkan bahwa 55,36% orangtua lebih memilih mengajak anaknya untuk ke pantai daripada ke gunung.

Alasannya simpel, orangtua mengaku lebih merasa mudah mempersiapkan liburan pantai daripada di gunung. Selain itu, pantai dianggap lebih mudah dijangkau anak-anak. Fisik anak tidak akan terfrosir karena hanya perlu bermain air di pantai. 

Alasan mengapa orangtua lebih suka pantai daripada gunung saat liburan bersama anak.

Lalu, para orangtua juga mengungkapkan bahwa mereka lebih mudah mengawasi anak selama liburan di pantai daripada di gunung. 

Baca juga: Manfaat bergandengan tangan dengan pasangan saat traveling.

Mengajak anak liburan ke pantai berdampak baik bagi kesehatan anak

pantai atau gunung

Anak sedang main surfing di pantai. Sumber

Pantai memiliki udara sejuk dan air asin. Kedua hal ini berdampak baik untuk kulit anak selain itu kelembapan udara pantai juga bagus untuk terapi bagi anak yang sedang pilek atau mengalami gangguan pernapasan. Bukan hanya itu saja, mengajak anak ke pantai saat pagi hari juga baik untuk pertumbuhan tulang karena sinar matahari saat pagi hari mengandung vitamin D yang kaya.

Selain bermanfaat untuk kesehatan anak, pergi ke pantai juga bisa membuat anak mengenal dunia baru sehingga pengetahuan anak akan makin luas. Syaraf motorik anak juga akan makin baik karena menurut penelitian berjalan di atas pasir dengan kaki telanjang mampu membuat seseorang lebih aktif dan bahagia.

Baca juga: 12 hal yang hanya dimengerti anak pantai.

Gunung sebenarnya juga punya manfaat yang bagus untuk perkembangan anak

anak gunung dan pantai

Anak di gunung bersama orangtua. Sumber

Karena gunung adalah tempat yang jauh dari hiruk-piruk, tentu saja udara di pegunungan sangat bersih. Udara yang bersih dapat berdampak baik untuk kesehatan anak. Kesehatan jantung dan motorik anak juga akan makin kuat jika sering diajak mendaki.

Anak juga akan mudah bersosialisasi dengan orang baru jika sering diajak mendaki. Tapi udara dingin gunung wajib diwaspadai orangtua jika mengajak anak ke gunung. Berbagai persiapanpun harus matang jika benar-benar ingin mengajak anak mendaki gunung.

Baca juga manfaat membawa anak camping di gunung.

***

Jadi sebenarnya Pantai dan Gunung adalah destinasi yang memiliki manfaat sama baiknya pada anak. Mana yang akan dipilih kembali pada orang tua dan si anak. Namun alangkah baiknya para orangtua menyeimbangkan kedua hal ini agar anak lebih mengenal dunia luar dengan lebih baik, baik pantai maupun gunung.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang INFOPENDAKIAN, tulisan lain Wike Sulistiarmi

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post