Sidebar

Negeri Atas Awan Gunung Luhur yang Ditutup Karena Viral

Gunung Luhur ramai diperbincangkan dan menjadi daya tarik ribuan wisatawan karena adanya fenomena Negeri Atas Awan setiap pukul 05.00-07.00 WIB

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Gunung Luhur terletak di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Belakangan ini, Gunung Luhur ramai diperbincangkan dan menjadi daya tarik ribuan wisatawan karena adanya fenomena Negeri Atas Awan setiap pukul 05.00-07.00 WIB. Puncaknya terjadi pada Sabtu (21/92019), wisatawan membludak hingga menyebabkan kemacetan sepanjang 7 km.

(Phinemo/Sekar Suwardani)

Viralnya Negeri Atas Awan Gunung Luhur bermula dari unggahan foto panorama alam Gunung Luhur oleh seorang pekerja yang sedang memperbaiki jalan provinsi yang menghubungkan Lebak Utara dan Lebak Selatan pada September 2018 lalu. Tak berselang lama, keindahan panorama alam Gunung Luhur pun menyebar luas ke media sosial hingga membuat banyak orang penasaran.

Setelah ramai dikunjungi wisatawan, Pemerintah Provinsi Banten memberikan perhatian lebih pada Gunung Luhur. Akses jalan menuju kawasan wisata Gunung Luhur diperbaiki untuk memudahkan kunjungan wisatawan. Bahkan Pemerintah Kabupaten Lebak mengajukan sebagian wilayahnya yang mencakup Gunung Luhur sebagai Geopark Nasional.

(Detikcom/Didik Dwi H)

Setelah Gunung Luhur menjadi viral, banyak tour operator yang membuka open trip sehingga membuat jumlah wisatawan membludak. Tak jauh dari Negeri Atas Awan Gunung Luhur, terdapat air terjun yang mengalir deras dengan air yang sejuk dan menyegarkan. Pada akhir pekan antusiame wisatawan semakin meningkat, bahkan wisatawan yang berkunjung dapat mencapai 30 ribu orang.

Setelah terjadi kemacetan panjang yang mencapai 7 km yang menyebabkan kendaraan seperti motor dan mobil tak bergerak, pemerintah setempat memutuskan untuk menutup sementara kawasan Gunung Luhur. Selain itu, akses jalan ke kawasan wisata Gunung Luhur memang saat ini sedang dalam perbaikan. Belum ada waktu pasti terkait kapan Negeri Atas Awan Gunung Luhur dibuka lagi. Pihak Pemerintah Daerah dan Kepolisian akan mengumumkan pembukaan kembali Gunung Luhur setelah pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas penunjang lainnya selesai.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

6 Pantai untuk Surfing Dekat Jakarta, Alternatif Tujuan Liburan Akhir Pekan

7 Tempat Wisata Menarik di Ujung Kulon, Hanya 30 Menit dari Jakarta

Suku Baduy di Banten Minta Dihapus dari Destinasi Wisata, Ada Apa?

Seni Debus Pusaka Banten, Misteri Kesenian Sufi Kuno di Nusantara

7 Desa Adat di Indonesia yang Telah Mendunia, Bukti Keragaman Bangsa!

5 Tempat Wisata di Indonesia yang Rusak Setelah Viral di Media Sosial

FALLBACK
The END