Sidebar

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok, Legendanya Nasi Goreng di Semarang

Warna nasi goreng babat Pak Karmin merah kecokelatan apalagi gongso babatnya. Isian babatnya pun banyak. Porsinya pun tergolong besar sehingga mengenyangkan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Berkunjung ke Semarang tidak lengkap jika belum mencicipi hidangan lezat nasi goreng babat Pak Karmin Mberok. Mengapa? Karena selain rasanya unik dan lezat, ini adalah kedai yang sudah melegenda.

Nasi goreng babat di sini bisa dibilang paling juara se-semarang. Foto dari IG @makandoang

Anda pasti langsung ngiler saat melihat hidangan nasi goreng babat Pak Karmin ini. Iya, hidangan menu di sini memang bikin ngiler. Warna nasi gorengnya merah kecokelatan apalagi gongso babatnya. Isian babatnya pun banyak. Porsinya tergolong besar sehingga mengenyangkan.

Di sini Anda hanya bisa memesan dua menu saja yakni nasi goreng babat dan nasi gongso babat. Agar tidak penasaran dengan rasa dua menu ini Anda wajib coba dua-duanya!

Baca juga: Mangut Kepala Manyung Bu Fat Semarang, Favorit Artis Hingga Pejabat

Kedai yang sudah buka sejak 1971 dengan rasa yang tak berubah

Biasanya disajikan dengna daun pisang untuk mempertahankan rasa. Anda yang suka petai bisa minta tambah petai. Foto dari IG @dr_iyas

Sesuai namanya, warung ini memang berlokasi di dekat Jembatan Mberok Kota Lama Semarang. Kedai ini sudah ada sejak tahun 1971 dan dikelola oleh Sukarmin. Jika dihitung, kuliner satu ini sudah berdiri 40 tahunan.

Bumbu yang digunakan masih sama dan itulah alasan mengapa nasi goreng babat dan gongso babat di sini selalu ramai oleh pengunjung.

Dagingnya empuk. Benar-benar lezat! Foto dari IG @rezataruki

Yang membuat hidangan nasi goreng dan gongsonya nikmat, daging direbus selama 8 jam. Terbayang kan lembutnya daging nasi goreng babat Pak Karmin ini?

“Rebusnya selama 8 jam. Itu dengan perbandingan air yang lebih banyak, jadi babatnya harus dalam keadaan terendah. Kalau airnya mulai asat ya ditambah lagi,” urai Karmin dilansir dari TribunJateng.

Ciri khas lain dari hidangan Nasi Goreng Babat Pak Karmin ini adalah telur goreng yang selalu disajikan di atas gongso dan nasi goreng. Menambah kenikmatan saat menyantap kuliner satu ini, kan?

Baca juga: Soto Gading, Kuliner Legendaris Solo yang Direkomendasikan Presiden Jokowi

Tampilan kedai Nasi Goreng Babat Pak Karmin. Foto dari IG bakkarwibowo

Untuk Anda yang penasaran dengan hidangan nasi goreng babat dan gongso babat Pak Karmin ini bisa langsung datang ke Samping jembatan Mberok, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang. Tak jauh dari Kota Lama.

Jangan lupa siapkan uang yang banyak. Harga satu porsi Nasi Goreng Babat sebesar Rp 25 ribu, sedangkan Nasi Gongso Babat dihargai sebesar Rp 30 ribu per porsi.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Kopi Unik di Dunia yang Tak Banyak Orang Tahu

10 Kuliner Khas Korea Selatan yang Terkenal Paling Enak

7 Kuliner Khas Ramadhan di Jalur Mudik Cirebon-Brebes yang Wajib Dicicipi

Banchan, Kuliner Khas Korea Selatan yang Wajib Dicoba

3 Tempat Makanan Halal di Taipei untuk Traveler Muslim

Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Kamu Beli Saat Berkunjung

FALLBACK
The END