Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Kamu Beli Saat Berkunjung

Oleh-olehn khas Kota Semarang (Instagram/@lina_wijayaa)

Semarang adalah kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia. Terletak di Jawa Tengah, Semarang memiliki berbagai kebudayaan dan tempat wisata khas yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Kota lama, tugu muda, dan lawang sewu menjadi tiga ikon pariwisata Kota Semarang.

Selain itu, Semarang menjadi tempat tinggal bagi tiga etnis berbeda yaitu Jawa, Arab, dan Tionghoa. Walaupun berbeda tiga etnis ini hidup rukun dan menjunjung tinggi nilai toleransi. Keberadaan etnis Jawa, Arab, dan Tionghoa di Semarang memunculkan berbagai budaya dan tradisi baru hasil dari akulturasi kebudayaan tiga etnis ini. Salah satu contoh adalah warak ngendok, sebuah hewan mithologi berwujud buraq, berkepala naga, dan berkaki empat layaknya kambing. Baca selengkapnya tentang warak.

Satu hal lagi yang menarik dari Semarang adalah kulinernya. Terdapat berbagai kuliner khas Semarang yang rasanya tidak afdhol jika tidak mencicipi atau memebelinya sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Semarang. Berikut merupakan daftar makanan khas Semarang yang wajib dibeli untuk oleh-oleh.

1. Lumpia

Lumpia Semarang (Instagram/@lunpiapenyesalan).

Lumpia merupakan jajanan khas semarang berupa campuran antara sayur, rebung, daging, dan telur yang dibungkus dengan lembaran tepung tipis. Sekarang ini banyak inovasi pada lumpia seperti lumpia jamur, lumpia ikan, dan lumpia kambing. Bahkan sekarang sudah tersedia juga keripik lumpia yang lebih awet dan memiliki masa kedaluwarsa lebih lama. Di Semarang lumpia paling terkenal adalah lumpia dari Cik Meme yang dapat dibeli di pusat oleh-oleh seluruh Semarang.

2. Bandeng Presto

Bandeng presto (Instagram/@lina_wijayaa).

Bandeng presto merupakan olahan dari ikan bandeng yang dimasak menggunakan uap bertekanan tinggi sehingga menyebabkan duri-duri ikan bandeng menjadi lunak. Bandeng presto hanya dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam sehingga perlu dioalah lagi dengan digoreng bersama telur untuk bisa mendapatkan rasa yang nikmat. Bandeng presto juwana adalah bandeng presto paling terkenal di Semarang. Gerainya dapat ditemui di Jalan Pandanaran, Kota Semarang.

3. Tahu Bakso

Taku bakso (Instagram/@anakjajan).

Tahu bakso merupakan jajanan berupa tahu yang didalamnya dijejalkan adonan bakso yang gurih. Rasa tahu yang bersanding dengan gurihnya bakso akan membuat siapapun menjadi ketagihan. Tahu Bakso Bu Pudji adalah yang paling enak di Semarang. Dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh Semarang.

Dapatkan ulasan menarik tentang semarang dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar