Dimasak dengan Kencur Muda, Begini Sensasi Unik Cicipi Nasi Cikur Khas Tasikmalaya

Nasi Cikur dan lauk pendamping. Foto dari IG

Jawa Barat memiliki segudang kuliner khas yang patut untuk dicicipi. Salah satunya adalah Nasi Cikur Khas Tasikmalaya yang pembuatannya dicampur dengan kencur muda. Sekilas melihat tampilan Nasi Cikur, siapapun pasti akan langsung merasa penasaran dengan rasanya.

nasi cikur khas tasikmalaya

Nasi Cikur dan lauk pendamping. Foto dari IG @dgoeitar

Dalam bahasa Sunda, nasi cikur memiliki arti nasi yang terbuat dari kencur. Umumnya, nasi cikur memenggunakan bumbu kencur muda dan kencur yang bertunas dengan umbi yang warnanya masih putih. Hal inilah yang membuat aroma nasi cikur lebih harum dengan tekstur nasi yang lebih renyah dari nasi biasanya.

Baca juga: Soto Mie Ciseeng, Kuliner Legendaris di Jalan Surya Kencana Bogor

Cara pembuatan nasi cikur mirip nasi goreng

nasi cikur khas tasikmalaya

Sajian Nasi Cikur dan hidangan pendamping. Foto dari IG @dhilasina

Mungkin banyak yang berpikir nasi cikur ini dibuat layaknya nasi uduk, padahal tidak demikian. Sebenarnya kebanyakan nasi cikur khas khas Tasikmalaya ini dibuat dengan cara yang mirip dengan nasi goreng.

Bumbu nasi cikur biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, trasi, dan tentu saja kencur muda. Bumbu ini lalu dihaluskan dan digoreng bersama nasi.

Setelah matang, nasi ini biasanya disajikan dengan beberapa lauk pauk berupa tempe orek, ikan asin, irisan tipis telur dadar, ayam, dan lauk lain tergantung keinginan sang penjual. Tidak ketinggalan bawang goreng yang ditabur di atas nasi cikur, tahu goreng, mentimun, kerupuk emping, serta sambal ulek merah yang selalu hadir melengkapi hidangan ini.

NASI CIKUR KHAS TASIKMALAYA

Nasi cikur cocok dinikmati dengan kangkung tumis dan gorengan. Foto dari IG @stevi_valen

Baca juga: Sate Jando, Kuliner Paling Laris Dekat Gedung Sate Bandung

Salah satu pemilik kedai nasi cikur khas Tasikmalaya yang berjualan di Bandung, Nasi Cikur Mang Ucup mengatakan proses pembuatan nasi cikur sangat mudah.

“Bumbunya hampir sama lah dengan nasi goreng, biasanya saya pakek bahan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, terasi goreng, dan tentu saja kencur muda, lalu bumbu dicampur ke dalam nasi dan dioseng sebentar agar bumbu meresap ke dalam nasi.” ujar Ucup yang berjualan di Jalan Buah Batu No.239, Turangga, Lengkong, Kota Bandung dilansir dari TribunTravel.

Di Tasikmalaya, salah satu sajian Nasi Cikur yang terkenal adalah racikan Ny. Iyen di Kanting 43. Ia menjajakan nasi cikur sejak pagi dan dikenal sebagai menu sarapan. Jangan datang lebih dari jam 8 pagi karena biasanya dagangan sudah habis terjual.

Wisatawan bisa menemukan kedai Ny. Iyen ini di Jalan Penyerutan, Nagarawangi, Cihideung, Tasikmalaya. Jika tutup, wisatawan bisa juga datang ke Nasi Cikur Teh Rena yang terletak di jalan yang sama.

Dapatkan ulasan menarik tentang Kuliner Jawa Barat dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar