Pintu masuk Museum Bagong Malang. Foto dari sini

Berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar, The Bagong Adventure Museum atau akrab disebut Museum Bagong Malang menjadi museum anatomi tubuh terbesar di Asia Tenggara.

museum bagong malang

Pintu masuk Museum Bagong Malang. Foto dari sini

Lokasi Museum Bagong Malang pun mudah ditemukan. Berada di kawasan Batu, wisatawan dari luar Malang harus mengarahkan perjalanan menuju daerah pusat wisata Malang, Batu.

Baca juga: Ada yang baru dari Jatim Park 3, Kampung Jepang

Sesuai namanya, penokohan karakter bagong pun begitu kuat saat menginjakan kaki di halaman muka museum. Museum anatomi tubuh manusia ini berbentuk kepala bagong.

Museum Bagong Malang ini sangat unik. Saat memasuki area museum, kita akan disambut dengan ragam diorama organ-organ tubuh manusia berukuran besar. Berada di antara replika organ tubuh yang begitu besar membuat kita menjadi makhluk kecil.

museum bagong malang

Diorama anatomi tubuh manusia. Foto dari sini

Museum anatomi pertama di Indonesia ini dibangun di atas bangunan setinggi 24 meter dengan total 6 lantai. Agar pengunjung lebih nyaman, Museum Bagong Malang ini dilengkapi dengan eskalator atau pun lift. Lebih nyaman lagi, museum ini menyediakan kursi untuk para pengunjung yang kekurangan.

Di sini, area museum dibagi menjadi 13 zona seperti Zona Gigi, Zona Hidung, Zona Telinga, Zona Otak, Zona Mata, Zona Pembuluh Darah, Zona Jantung, Zona Paru-paru, Zona Usus, dan Zona Ginjal.

Baca juga: Kumpulan foto Museum Bumi Datar di Kanada yang ramai dibincangkan netizen

Di masing-masing zona terdapat pemandu yang siap memandu dan menjelaskan setiap hal tentang anatomi tubuh kepada pengunjung. Misalnya saat memasuki Zona Gigi, guide atau pemandu akan menjelaskan proses terjadinya karang gigi atau kenapa bisa terjadi sariawan.

Uniknya, Museum Bagong Malang juga menyediakan jasa pemeriksaan tensi darah, cek gula darah, osteoporosis, kesehatan mata, asam urat, tinggi badan yang ideal, golongan darah, diabetes, dan banyak lagi lainnya.

 

 

Tidak hanya zona anatomi saja, kalian juga diajak untuk mempelajari tubuh manusia melalui Zona Cinema 3D. Selain itu, di Zona Exhibition, kalian bisa melihat secara langsung proses terjadinya mimisan, proses pilek, tempat paktek dokter gigi, dan melihat proses sendawa yang terjadi pada tubuh manusia.

Dengan segala fasilitas yang diberikan, Musem Bagong Malang memang cocok diperuntukan bagi para wisatawan yang ingin liburan sambil belajar. Apalagi buat keluarga kecil yang ingin perkenalkan macam-macam anggota tubuh kepada anaknya, mengunjungi Museum Bagong Malang bisa dimasukan ke dalam list kunjungan liburan bersama keluarga di tahun 2018 ini.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang MUSEUM, tulisan lain Echi

Tag : , ,



Berikan Komentar Dibawah

Airy Rooms
Next Post