Misteri Makam Trunyan, Satu-satunya Pemakaman Terbuka di Bali

Misteri Makam Trunya dimana jenazah hanya diletakkan di tas tanah tanpa dikubur (Shutterstock/dewi Putra).

Bali selalu diidentikan dengan keindahan panorama alam yang sangat indah dan penuh pesona. Selain itu kekentalan budaya lokal masyarakatnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga tidak mengherankan jika Bali menjadi destinasi wisata favorit bagi sebagian besar wisatawan. Namun dibalik itu semua, hadir sebuah kisah penuh misteri di pedalaman Pulau Bali.

Sebuah makam di Desa Trunyan yang berlokasi di sisi timur Danau Batur, Kabupaten Bangli, Bali memancarkan aura yang akan membuat siapa saja menjadi merinding ketakutan. Berbeda dengan makam pada umumnya yang jenazahnya dikuburkan di dalam tanah, pada kompleks Makam Trunyan jenazah hanya diletakkan begitu saja diatas permukaan tanah.

(travelingyuk.com)

Meskinpun hanya diletakkan di atas tanah, tidak tercium sama sekali aroma busuk yang menyengat indra penciuman. Lalat, belatung, atau organisme dekomposisi juga tidak ditemukan di sekitar jenazah di Makam Trunyan. Usut punya usut ternyata hal ini disebabkan karena pengaruh dari sebuah pohon bernama Taru Menyan yang berdiri kokoh di area pemakaman.

Menurut cerita, konon Pohon Taru Menyan ini mengeluarkan aroma sangat harum yang bahkan dapat tercium hingga ke tanah Jawa. Karena penasaran, salah seorang Raja Jawa kemudian mencari sumber aroma wangi tersebut hingga sampailah di Pohon Taru Menyan. Singkat cerita sanga Raja kemudian terhipnotis dan menikah dengan salah satu penunggu pohon tersebut.

Saat tersadar, Raja pun memerintahkan meletakkan jenazah disekitar pohon tersebut agar aroma wanginya mereda dan tidak ada lagi yang terhipnotis. Perintah sang Raja ini kemudian diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat Bali hingga kini.

Tak semua orang di Desa Trunyan bisa dimakamkan di Makam Trunyan. Terdapat syarat-syarat yang harus penuhi agar jenzah bisa dimakamkan di Makam Trunyan. Saat meninggal, jenazah yang akan dimakamkan di Makam Trunyan akan dilumuri terlebih dahulu dengan ramu-ramuan khusus. Setelah dibawa di lokasi makam selanjutnya jenazah akan ditutupi pagar bambu dengan sesaji diletakkan didekatnya.

Bali memang selalu menarik untuk dikunjungii. Bagi anda yang berniat mengunjungi Bali namun masih bingung terkait transportasi dan akomodasi bisa langsung cek ke Phinemo Marketplace. Terdapat puluhan paket wisata Bali yang murah dan sangat menarik untuk dikunjungi. Tunggu apalagi cek sekarang dan dapatkan penawaran terbaik. Klik link berikut >> Paket Wisata Bali Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang bali dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar