Upacara Ngaben Bali, Upacara Kematian yang Justru Terasa Hidup

Upacara Ngaben di Bali justru jauh dari kesan sedih dan duka cita (Instagram/@paradiseonearthbali).

Ngaben merupakan upacara pembakaran jenazah yang dilakukan oleh masyarakat Hindu Bali untuk mengantarkan kepergian jenazah selama-lamanya. Upacara ini dimaksudkan sebagai prosesi penyucian roh anggota keluarga yang telah meninggal sehingga dapat menuju ke tempat alam selanjutnya dengan kondisi bersih.

Makna kata Ngaben dalam Bahasa Bali adalah bekal atau abu yang tujuannya mengarah tentang pelepasan terakhir kehidupan manusia. Dalam kepercayaan Hindu, setiap jiwa yang mati akan kembali kepada Dewa Brahma yang juga dikenal sebagai Dewa Api. Api yang membakar jenazah saat prosesi upacara Ngaben dipercaya sebagai perwujudan Dewa Brahma yang membakar semua kotoran dari jasad atau roh yang telah meninggal.

Dalam pelaksanaannya, upacara Ngaben yang merupakan upacara kematian justru jauh dari kesan kesedihan dan duka cita yang mendalam. Upacara Ngaben digelar sangat megah dengan iring-iringan ratusan orang dan hiasan yang sangat mewah. Setiap keluarga jenazah yang akan menggelar upacara Ngaben untuk anggota keluarganya yang telah meninggal setidaknya harus menyisihkan uang sekitar Rp. 150-200 juta.

Pembakaran Jenazah (Instagram/@8nata_d666).

Biasanya diadakan upacara Ngaben massal bagi keluarga masyarakat Hindu di Bali yang kurang mampu agar bisa menyemayamkan jenazah keluarganya sesuai dengan tradisi Hindu. Dengan adanya upacara Ngaben massal ini, pihak keluarga hanya akan dimintai iuran sebesar Rp. 2,5 juta atau bahkan gratis bagi yang benar-benar tidak mampu.

Upacara Ngaben dimulai dengan iring-iringan pihak keluarga dengan membawa foto jenazah menuju lokasi. Iring-iringan ini ditemani dengan alunan dari musik gamelan tradisional Bali. Prosesi inti Ngaben dilaksanakan dengan membakar peti jenazah. Selanjutnya sisa abu jenazah yang telah dibakar kemudian dimasukkan dalam buah kelapa gading untuk dilarung di laut atau sungai yang dianggap suci.

Bali memang selalu menarik dan menyajikan cerita yang tiada habisnya. Bagi anda yang tertarik mengunjungi Bali bisa langsung cek di halaman Phinemo Marketplace. Dengan akomodasi dan transportasi yang terjangkau terdapat banyak produk wisata ke Bali. Cek sekarang juga di link berikut >> Paket Wisata Bali Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang bali dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar