Kumpulan Foto Menu Makanan Pendaki Gunung yang Bisa Jadi Inspirasi

Menu akan makin lengkap jika ada buah. Foto/@irsa_dm

Setiap pendaki membutuhkan energi lebih ketika menjelajahi gunung.  Untuk menyiasatinya, memperhatikan menu makanan pendaki gunung adalah hal yang wajib agar tidak loyo ketika mendaki gunung.

Jika Anda masih bingung menu apa saja yang harus dibawa ketika mendaki gunung, berikut ini adalah menu yang memiliki manfaat baik untuk tubuh, mampu menambah energi sehingga bisa menumbuhkan rasa semangat mendaki.

Baca juga: Cara Mengolah Berbagai Menu Makanan Saat Pendakian

Menu pertama, ada nasi pecel, tempe dan ayam goreng

menu makanan pendaki

Foto oleh @mbakika0809

Memasak menu ini sangatlah mudah. Tinggal rebus air untuk memasak sayur dan seduh sambal pecel (biasanya tersaji sambal pecel instan). Lalu untuk tempe dan ayam, hanya tinggal digoreng dengan dibumbui garam merica saja. Simpel bukan?

Menu ini memiliki kandungan yang dibutuhkan tubuh, mulai dari protein, karbohidrat, hingga serat sehingga mampu mengisi semangat, apalagi ada kandungan gula di bumbu kacang.

Yang patut diwaspadai ketika konsumsi menu ini adalah sambal kacangnya, karena bisa memicu rasa mulas apalagi jika cabai yang digunakan banyak. Alangkah baiknya hindari penggunaan cabai.

Sedikit mirip dengan menu pertama, sayur dan tempe jadi andalan pendaki

menu makanan pendaki

Foto/@sarwo_adventure

Menu ini baik untuk Anda karena mengandung protein tinggi dari tempe dan telur. Lalu serat dari sayuran dan tentu saja mampu membuat Anda tetap fokus selama mendaki karena ada ikan asin.

Untuk menambah rasa, bisa dibarengi dengan sambal. Tapi jangan banyak-banyak biar perut tidak sakit.

Roti bakar, menu simpel yang bagus untuk pendaki

menu makanan pendaki

Roti bakar isi keju dan telur. Foto/@najihullah

Roti bakar atau panggang ternyata baik untuk tubuh. Roti memiliki kandungan pati yang baik tanpa indeks glikemik yang tinggi membuatnya baik untuk tambahan energi baik.

Jika dicampur dengan telur akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan penyerapan kalsium.

Coba bikin pizza, jika ingin menikmati makan enak di gunung

menu makanan pendaki

Pizza boleh juga! Foto/@lisdatrijianto

Meskipun terkesan sangat sulit dibikin ternyata pizza sangat baik dikonsumsi ketika mendaki. Adonan pizza mengandung antioksidan jika dipanggang dengan teknik yang tepat. Ia juga memiliki kandungan serat, karbohidrat dan nutrisi untuk tubuh.

Jika ditambah keju dan sayuran, maka akan menjadi kuliner yang baik untuk dikonsumsi saat mendaki. Tapi ya harus ekstra sabar masak pizza di gunung karena prosesnya pun juga sedikit sulit. Lebih mudahnya, Anda bisa membeli adonan pizza yang sudah ready, jadi ketika di gunung Anda hanya perlu memanasi dan menambahkan topping di atasnya.

Menu ikan goreng, lauk lezat sebagai sumber cadangan energi saat mendaki

menu makanan pendaki

Cukup sulit diolah tapi baik dikonsumsi. Foto/@lisdatrijianto

Seperti yang kita tahu, ikan baik sekali untuk tulang dan penampah energi yang positif karena fresh. Tapi ikan cukup sulit diolah.

Jika tidak ingin ribet, bawa ikan dengan dimasak setengah matang terlebih dahulu lalu dihangatkan di gunung tapi kandungan manfaat ikan akan sedikit berkurang.

Nasi merah plus sayur, bisa kenyang lebih lama dan baik menjaga sistem kekebalan tubuh

menu makanan pendaki

Nasi merah lebih baik dari nasi putih. Foto/ @suartama_putugede

Seperti yang kita tahu, nasi merah sangat bagus untuk tubuh ketimbang dengan nasi putih. Ia lebih mudah dicerna tubuh dengan kadar gula rendah sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, nasi merah pun sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Ini merupakan menu paling direkomendasikan. Apalagi jika dinikmati dengan telur dan sayuran. Patut untuk dicoba.

Baca juga: Kisah Clara Sumarwati, Pendaki Everest Wanita Pertama Indonesia

Buah-buahan adalah menu makanan pendaki gunung patut dibawa untuk pendamping

menu makanan pendaki

Menu akan makin lengkap jika ada buah. Foto/@irsa_dm

Tidak direkomendasikan untuk membawa mie instan karena Anda akan lebih cepat lapar dan energi yang tersimpan tidak akan lama bertahan di tubuh. Bawa pula buah-buahan sehingga bisa menjadi penambah stamina. Disamping itu, sayuran atau daging-dagingan juga baik.

#selamatharipangansedunia 16 Oktober 2018

Dapatkan ulasan menarik tentang Pendakian dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar