Sidebar

Mengintip Tampilan LRT Palembang yang Punya Desain Futuristik

Futuristic Menengok ke dalam gerbong kereta LRT, gerbong dibuat dari stainless steel ringan. Lihat tampilan LRT Palembang lainnya di sini.

SHARE :

Ditulis Oleh: Paundria

Asian Games semakin dekat. Segala persiapan untuk menyambut tamu – tamu asing pun telah dilakukan. Salah satunya adalah fasilitas LRT Palembang.

LRT Palembang melewati jembatan Ampera. Foto oleh i_hairida

Rampung digarap pada bulan Juli 2018 lalu, LRT di Palembang kini mulai beroperasi. Respon masyarakat terhadap keberadaan LRT ini pun dinilai positif. Beragam post pun diunggah di sosial media. Lalu bagaimana tampilan LRT Palembang setelah beroperasi?

Baca juga Asik! Selama Asian Games Anda Bisa Naik Kapal Ketek Palembang Gratis

1. LRT Palembang beroperasi di 13 Stasiun

Tampilan stasiun Bandara SMB2 Palembang

Stasiun Bumi Sriwijaya Palembang. Credit foto oleh denkurniawan

Stasiun LRT Palembang akan beroperasi dari di 13 stasiun dengan rute mulai dari Bandara SMB II, Komplek PDK, Simpang KM 9 Dolog, Depan Telkom Haji Burlian, Pasar Pal 5, Simpang Polda, Simpang Angkatan 45, Palembang Square Mall, Pasar Cinde, Masjid Agung Palembang, Ampera, Polresta, Stadion Jakabaring, OPI dan Depo.

2. Punya Trainset canggih yang dapat melaju pada kecepatan 85km/jam

Dua trainset LRT Palembang. Credit foto : instagram LRT_Palembang

LRT pertama Indonesia yang dibangun di Palembang dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih daripada KRL Jakarta. LRT ini dapat melaju hingga 85km/jam dengan fitur automatic train protection. Fitur ini memungkinkan LRT untuk mengurangi kecepatan secara otomatis bila sudah melebihi batas. PT INKA (Industri Kereta Api) Persero membuat 8 trainset, 6 diantaranya telah dioperasikan.

3. Ramah untuk difabel

Stasiun LRT Palembang. Credit foto : instagram LRT_Palembang

Salah satu fasilitas di Stasiun LRT Palembang. Credit foto : kumparan.com

Stasiun, peron hingga trainset yang dibangun memungkinkan akses untuk para kaum difabel. Mulai dari pedestrian, yang dilengkapi dengan alur khusus bagi mereka yang kurang awas melihat (rabun/low vision), hingga ke dalam ruang stasiun dan tempat berdiri penumpang di dekat LRT berhenti. Di beberapa stasiun juga dilengkapi dengan lift dan escalator.

4. Desainnya sangat futuristic

Gerbong penuh dengan penumpang. Credit foto : lrt_palembang

Tampilan gerbong LRT Palembang saat masih kosong. Credit foto : lrt_palembang

Menengok ke dalam gerbong kereta LRT, gerbong dibuat dari stainless steel ringan. INKA membuat badan kereta LRT tahan api, tidak beracun dan tahan terhadap bahan kimia. Di dalam gerbong ini juga dilengkapi dengan sistem informasi digital, pegangan tangan, tiga pintu penumpang setiap sisi kereta, tempat duduk memanjang, hingga disiapkan 2 jendela darurat evakuasi dan 2 jendela yang bisa dibuka tiap gerbongnya.

Baca juga Menengok Wajah Baru Palembang Jelang Asian Games 2018

5. Trotoar yang ramah untuk pejalan kaki

Trotoar di samping stasiun LRT Palembang. Credit foto : lrt_palembang

Sebagai salah satu penunjang akses pengguna LRT, kini berbagai titik trotoar di Palembang telah direnovasi. Badan trotoar dibangun agak lebar, dan dilengkapi dengan bangku taman sehingga memungkinkan pejalan kaki untuk beristirahat sejenak.

6. Stasiun LRT hadirkan fasilitas lengkap

Papan penunjuk di stasiun LRT Palembang. Credit foto : Rizki_ben27

Mulai dari fasilitas ATM, Mushala, hingga escalator dan lift. Stasiun LRT di Palembang dibangun dengan fasilitas yang lengkap. Seperti dilansir Tribun Semsel, selain beberapa ruangan untuk segenap karyawan maupun operator LRT, terdapat sejumlah fasilitas lain di dalam stasiun, di antaranya ruang informasi, ruang pameran, ruang tiket, dan toilet.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Mulai Hari Ini, Jam Operasi LRT Palembang Hingga Pukul 10 Malam

Destinasi yang Banyak Dikunjungi Wisman Usai Asian Games

Menilik Kesuksesan Kirab Obor Asian Para Games 2018 di Bali

Bingung Cara Naik LRT Palembang? Yuk Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini

Bincang Santai Bersama Pak Kadin Perihal Pariwisata Palembang Pasca Asian Games

Menyelami Euforia Asian Games 2018 dari Kacamata Warga Lokal

FALLBACK
The END