Sidebar

Masjid Agung Cordoba, Tempat Ibadah Umat Islam Juga Kristen Spanyol

Pada 711 M ketika bangsa Moor merebut Andalusia, struktur Masjid Agung Cordoba dibagi dua porsi untuk tempat peribadatan umat Kristen juga Islam.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Masjid Agung Cordoba atau dikenal dengan Mezquita dan Masjid-Katedral Corodoba merupakan bangunan bersejarah di Spanyol bagi dua agama yang membentuk Andalusia, Islam dan Kristen. UNESCO telah menetapkan tempat peribadatan ini sebagai salah satu situs warisan dunia sejak 1994. Awalnya Masjid Agung Cordoba adalah rumah bagi kuil di Romawi yang selanjutnya menjadi gereja Kristen Visigoth.

Masjid Cordoba memiliki gaya arsitektur Renaisans. Berdiri di tanah yang dahulu pernah menjadi ibukota Dinasti Umayah, pemerintah kekhalifahan Islam setelah Khulafaur Rasyidin. Cordoba pada saat itu dikenal sebagai pusat ilmu pengetahuan di dunia, dimana volume kunjungan masyarakat dan pendatang ke perpustakaannya mencapai 400.000 kunjungan.

Sebelum menjadi sebuah masjid, situs UNESCO ini merupakan bangunan gereja yang dibangun oleh bangsa Visigoth. Pada 711 M ketika bangsa Moor merebut Andalusia, strukturnya lalu dibagi dua porsi untuk digunakan sebagai tempat peribadatan umat Kristen juga Islam. Tentu saja ini menjadi bentuk toleransi yang luar biasa pada zaman peperangan tersebut.

(medium.com)

Sayangnya, pemerintahan yang pluralis di Cordoba ini tidak berlangsung lama. Tahun 784 M dibawah Khalifah Abdurrahman I membeli sisa porsi umat Kristen dari bangunan ini dan merobohkannya, lalu menggantinya dengan Masjid Agung Cordoba di tahun 787 M. Pembangunannya terus dilakukan oleh khalifah-khalifah dari Dinasti Umayah setelahnya.

Tahun 1236 M terjadi peristiwa besar Reconquista, penaklukan kembali Spanyol oleh orang-orang Kristen. Atas perintah Raja Ferdinand III, Masjid Agung Cordoba diambil alih dan diubah lagi menjadi gereja dengan katedral gotik yang dimasukkan ke bagian tengah gedung. Sekarang seluruh bangunan dipakai sebagai katedral diosese Cordoba di Spanyol.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sejarah Korea Selatan, Negara Termiskin yang Menjadi Macan Asia

Sisi Lain Negara India yang Tak Terlihat di Film Bollywood, Seperti Apa?

Cara Mengurus Paspor Kolektif, Petugas Imigrasi Datang Ke Rumah!

Hagia Sophia Turki, Keajaiban Dunia yang Akan Dikembalikan Jadi Masjid

Desa Kuldhara India, Desa Hantu yang Tak Kalah Seram dari Desa Penari

Tempat Paling Terisolasi di Dunia, Point Nemo atau Pulau Bouvet?

FALLBACK
The END