Sidebar

12 Foto yang Buktikan Kalau Madura Layak Masuk Bucketlist-mu

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Apa yang ada dibenakmu jika mendengar kata Madura? Sate ayam? Karapan sapi? atau jembatan Suramadu? Yap, memang ketiga hal tersebut yang paling sering kita dengar.

Lalu, bagaimana dengan popularitas pariwisata Madura? Bila dibandingkan dengan pariwisata Banyuwangi dan Malang, mungkin wisata Madura masih kalah pamor. Namun, Pulau yang terkenal sebagai penghasil garam ini mempunyai banyak spot-spot wisata yang nggak kalah cantik lho!

1. Berkunjung ke Bukit Kapur Arosbaya Bangkalan yang cantiknya mirip Antelope Canyon, Arizona

A photo posted by Christina (@christinasusilo) on

Jika berniat liburan ke Madura, awali perjalananmu dengan mengunjungi Bangkalan. Alasannya karena Bangkalan adalah wilayah Madura yang terdekat dengan Surabaya. Hanya butuh waktu 1,5 jam hingga 2 jam untuk sampai ke Bangkalan dari pusat kota Surabaya menggunakan sepeda motor. 

Pertama, kunjungilah Bukit Kapur Arosbaya. Terletak di kecamatan Arosbaya, bukit ini merupakan bukit kapur yang masih aktif dilakukan penambangan. Dinding-dinding bukit yang berwarna coklat kemerahan terlihat lebih artistic dengan sentuhan pahatan bekas penambang. 

Saat menyusuri dinding-dinding bukit Arosbaya, mungkin kamu akan teringat pada Antelope Canyon, Arizona.  Yap, kedua destinasi tersebut memang memiliki sedikit kemiripan. Coba lihat indahnya dinding Antelope Canyon Arizona berikut.

Berapa persenkah kemiripannya? Antelope Canyon, Arizona. Foto berasal dari sini

2. Lalu, jangan lupa berpose ala-ala instagramable di Bukit Kapur Jaddih, Bangkalan

Masih di Bangkalan, tidak jauh dari Bukit Kapur Arosbaya, terdapat Bukit Kapur Putih Jaddih. Sama halnya dengan Bukit Kapur Arosbaya, daya tarik wisata ini terletak pada bukit kapur putih yang terlihat sangat artistic saat diabadikan dalam kamera. Baca: 7 Spot Instagramable di Surabaya Ini Masih Jarang Diketahui Wisatawan

3. Nggak cuma foto-foto doang, kamu juga bisa berenang di Bukit Jaddih lho

Di kawasan Bukit Kapur Jaddih terdapat kolam renang yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Uniknya, kolam renang ini berdinding bukit kapur yang menjadi objek foto favorit. Baca: 10 Spot Foto yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan Saat Liburan di Bromo

4. Jika sudah mulai bosan, pindahlah ke Mercusuar Sembilang

Mercusuar yang dibangun pada zaman pemerintahan Belanda Z.M William III ini sekarang difungsikan sebagai destinasi wisata. Datanglah ke tempat ini saat senja. Mercusuar ini memiliki 16 anak tangga. Dari atas puncaknya, kamu bisa melihat luasnya selat Madura, Pelabuhan Tanjung Perak, dan panorama kota Bangkalan. Baca: 9 Tempat Romantis di Surabaya yang Harus Kamu Kunjungi Bersama Pasangan

5. Kamu bisa bermain ayunan di Pantai Sembulan, Gili Genting, Sumenep. Berasa kembali ke masa kecil kan?

Setelah puas menikmati keindahan alam Bangkalan, lanjutkan perjalananmu ke Sumenep. Bila Bangkalan identik dengan wisata bukit kapur, maka Sumenep adalah surganya pantai-pantai dan panorama bawah laut. 

Dari Sumenep kamu bisa menyeberang ke Gili Labak untuk menikmati serunya bermain ayunan di Pantai Sembulan. Baca: Selain Surabaya North Quay, Sailing Fun Trip Juga Jadi Pilihan Hiburan Baru di Surabaya

6. Butuh sandaran tapi jomblo? Kamu bisa sandarkan bahumu di pohon kelapa Pantai Masalembu

Selain Gili Labak, Sumenep memiliki Pulau Keramaian Kecanatan Masalembu. Pantai-pantai di Masalembu terkenal dengan pohon-pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai.

7. Segarkan pikiranmu dengan bermain perahu di Gili Labak

Gili Labak memang menjadi destinasi favorit Kabupaten Sumenep. Selain mempunyai pantai berpasir putih, air laut Gili labak berwarna biru jernih. Kamu bisa snorkeling menikmati indahnya pemandangan bawah laut Gili Labak dengan jelas. Baca: Perhatikan 7 Hal Berikut Saat di Gili Trawangan!

8. Atau nikmati segarnya air laut dengan berendam di pantai Pulau Mamburit Kangean

Sumenep memang surga bagi anak pantai. Ada lagi pulau Kangean yang terletak di sebelah timur Pulau Madura. Pantai Pulau Mamburit Kangean bisa menjadi destinasi tujuan kamu.

9. Nah, saat di Kangean jangan lewatkan spot snorkeling paling “ajib” di Pulau Kangean

Foto berasal dari youngmanoldbrain.wordpress.com

Lupakan snorkeling di Raja Ampat, keindahan bawah laut Pulau Seibus juga nggak kalah cantik lho. Menurut informasi yang saya dapat, alam bawah laut Pulau Seibus adalah spot snorkeling paling cantik Pulau Kangean. Jadi, kamu harus menyeberang menggunakan perahu dari Pulau Kangean ke Pulau Seibus.

10. Saat senja tiba, habiskan waktu liburanmu di Pantai Camplong, Sampang

Pantai Camplong memang dikenal sebagai spot sunset paling cantik di Sumenep. Tempat wisata ini sudah dikelola dengan sangat baik. Di sekitar pantai sudah tersedia penginapan-penginapan dengan fasilitas yang memadai. 

11. Madura punya destinasi favorit anak gunung nih, Gunung Jaddih namanya

Duduk di atas bukit sambil melihat pemandangan. Rasanya, spot ini adalah tempat paling pas untuk merenung memikirkan masa depan. Gunung Jaddih berada di Kabupaten Bangkalan. Baca: 7 Gunung di Indonesia dengan Jalur Pendakian Paling Ekstrim

12. Yang nggak boleh kamu lewatkan saat liburan di Madura adalah menyaksikan Karapan Sapi dari dekat

Jika kamu tertarik ingin menyaksikan perlombaan Karapan Sapi, datanglah ke Madura pada bulan Agustus, September, dan Oktober. Karena pada bulan-bulan tersebut dimulainya perlombaan. Kamu bisa melihat jadwal lebih lengkapnya di sini. Baca5 Wisata Pulau di Sumenep ini Tak Kalah Indah dari Lombok

***

Madura berada tidak begitu jauh dari Surabaya. Kamu yang berasal dari Surabaya bisa menjadikan Madura sebagai destinasi pilihan di akhir pekan. Akses menuju Madura pun mudah. Cukup menggunakan kendaraan bermotor melewati jembatan Suramadu.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Orang Madura Banyak Dibenci? Ternyata Ini Alasannya

Obat Mabuk Perjalanan Alami, Sahabat Setia Saat Traveling

Jenis Stop Kontak di Seluruh Dunia yang Harus Anda Pahami

Jembatan Terpanjang di Indonesia, Suramadu Menghubungkan Dua Pulau

Pemilu di India, Ajang Wisata untuk Mengenal Budaya dan Kearifan Lokal

Pulau Labengki, Miniatur Raja Ampat di Sulawesi Tenggara

FALLBACK
The END