Jembatan Terpanjang di Indonesia, Suramadu Menghubungkan Dua Pulau

Jembatan Terpanjang di Indonesia, Suramadu Menghubungkan Dua Pulau Besar (Wikipedia).

Jembatan Suramadu merupakan jembatan nasional yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa di Surabaya dan Pulau Madura di Bangkalan. Total panjang Jembatan Suramadu mencapai 5.438 meter, menjadikannya sebagai jembatan terpanjang di Indonesia hingga saat ini.

Jembatan yang konon penuh misteri ini terdiri atas tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan uatama (main bridge). Pembangunan Jembatan Suramadu dimulai pada 20 Agustus 2003 dan selesai enam tahun kemudian pada 10 Juni 2009.

Tujuan awal pembangunan Jembatan Suramadu adalah untuk mendorong percepatan pembangunan di Pulau Madura yang relatif tertinggal dari Pulau Jawa. Akses yang mudah kini telah membuat banyak perubahan signifikan pada Pulau Madura meliputi infrastruktur dan ekonomi.

(Windy Goestiana/Basra)

Bukan lagi sekedar jembatan penghubung, kini Suramadu menjadi landmark tersendiri bagi Provinsi Jawa Timur. Tak hanya dilewati, Jembatan Suramadu telah banyak dikunjungi sebagai destinasi wisata baru. Sisi Jembatan Suramadu yang berupa pantai pesisir berbatu ramai dikunjungi setiap akhir pekan dan libur panjang seperti ini.

Dari sisi samping, akan tampak Jembatan Suramadu berdiri kokoh dan megah melintas laut hingga sampai di Madura. Di exit Jembatan Suramadu baik dari Surabaya maupun Madura banyak berdiri kios-kios pedagang yang menawarkan berbagai oleh-oleh dan pernak-pernik khas Jawa Timur.

Dapatkan ulasan menarik tentang suramadu dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar