Lokasi dan Cara Transaksi di Pasar Semarangan Tinjomoyo

Dulu Hutan Wisata Tinjomoyo dikenal sebagai kebun binatang. Lalu setelah Pemerintah Kota Semarang memindahkan kebun binatang tersebut ke Mangkang. Lahan seluas 57,5 hektar bekas kebun binatang tersebut pun sempat terbengkalai. Namun, Wali Kota Semarang Hendi Hendrar Prihadi memutuskan menghidupkannya kembali dengan membangun jembatan yang terputus. Lahan kosong yang sempat terlantar diubah menjadi hutan kota yang menjadi tempat rekreasi keluarga.

pasar semarangan tinjomoyo

Pembayaran dengan menggunakan kartu BNI. Foto oleh Dina/Phinemo.com

Yang terbaru, Hendi akan menjadikan kawasan itu sebagai area pasar digital yang dinamai Pasar Semarangan Tinjomoyo.

Konsepnya nanti, di sini akan menjadi pasar digital terbuka, yaitu sebuah pasar tradisional yang Instagramble di alam terbuka, dengan sistem pembayaran cashless (non-tunai),” katanya saat meninjau pembangunan Hutan Kota Tinjomoyo.

Baca juga: Bolehkah berbuat baik dengan orang asing yang baru dikenal di perjalanan?

Karena mengusung konsep pasar digital, maka segala transaksi yang dilakukan di Pasar Semarangan Tinjomoyo pun menggunakan teknologi digital. Pengunjung bisa menggunakan produk non tunai seperti T-Cash dan Yap!

“Didukung BNI dengan produk nontunainya, yaitu T-Cash dan Aplikasi YAP! (Your All Payment), maka cukup dipindai QR code saat membayar. Akan ada bonus jika bisa menunjukan struk tiket BRT Trans Semarang dengan tulisan T-Cashnya,” jelas Hendi Hendrar Prihadi, Walikota Semarang.

Caranya pun mudah. Pengunjung cukup memindai QR code saat membayar. Nanti juga akan ada bonus jika bisa menunjukan struk tiket BRT Trans Semarang dengan tulisan T-Cashnya.

Pasar Semarangan dibuka setiap hari Sabtu jam 15.00 – 21.00 WIB di Hutan Wisata Tinjomoyo yang berada di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Untuk mempermudah wisatawan kunjungi Pasar Semarangan, Pemkot Semarang melalui BLU UPTD Trans Semarang menyediakan shuttle bus gratis menuju Pasar Semarangan.

Baca juga: Inilah alasan Anda tak boleh gunakan powerbank di dalam pesawat!

Pengunjung bisa menggunakan bus BRT Trans Semarang Koridor VI dengan tarif normal yaitu Rp3500 kemudian turun di shelter Unika Soegijapranata lalu lanjut dengan shuttle bus gratis menuju Pasar Semarangan Tinjomoyo.

Di Pasar Semarangan Tinjomoyo, wisatawan tak hanya bisa mengeksplor pasar digital dan mencicipi aneka jajanan, tapi juga bisa bersantai menikmati teduhnya Hutan Tinjomoyo sambil berfoto-foto. Ada banyak spot foto yang instagenik di sana. Anda yang gemar hunting foto bisa datang untuk mengeksplornya.

***

Konten ini merupakan hasil kolaborasi antara Phinemo.com dan TRAX Fm Semarang. Dengarkan dan download aplikasi Trax FM untuk mendapatkan hiburan musik asyik dan informasi liburan di area Semarang dengan klik link ini.

Dapatkan ulasan menarik tentang Podcast dan tulisan Lain dari Echi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar