Tips Jitu Liburan Keluarga Agar Lebih Berkesan

Foto diambil dari sini

liburan keluarga

Foto diambil dari sini

Liburan keluarga seringkali menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi Anda dan anak-anak. Meluangkan waktu weekend untuk piknik bersama sekeluarga misalnya, mempunyai banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak dan menjaga hubungan kedekatan antar anggota keluarga.

Agar liburan keluarga Anda menjadi lebih berkesan dan menyenangkan, cobalah tips-tips berikut ini.

Hindari liburan dengan tema monoton

Apakah Anda tipe orang tua yang hanya punya weekend sebagai waktu bersama anak-anak Anda? Karena hanya punya waktu yang terbatas, biasanya para orang tua akan mengajak anak-anak untuk rekreasi ke tempat-tempat mainstream, seperti puncak, taman rekreasi, dsb. Well, sesungguhnya penting bagi Anda untuk memberikan pilihan lokasi yang lebih variatif pada anak.

Dengan mengajak anak Anda ke destinasi wisata yang berbeda tiap minggunya, Anda sesungguhnya telah mengajak anak Anda untuk berani keluar dari zona nyaman. Jangan biarkan anak-anak hanya fokus dengan gadget yang mereka punya, karena perangkat-perangkat tersebut telah bersama mereka setiap waktu selama weekdays.

Ajarkan anak untuk lebih ekspresif

Lebih baik lagi, jika Anda memberikan kesempatan pada anak Anda untuk memberikan usulan tempat wisata. Biarkan mereka yang menentukan, namun tetap dalam pengawasan Anda. Jangan ragu untuk mengajak anak untuk berkotor-kotor ria di rawa, pasir atau lumpur.

Mungkin anak Anda awalnya akan merasa jijik atau risih bahkan menangis, namun dari situ Anda bisa mengetahui bagaimana reaksi anak Anda terhadap lingkungan yang berbeda jauh dari biasanya.

Kenalkan budaya lokal pada anak

Agar preaktis, biasanya para orang tua akan memilih sesuatu yang praktis saat di berlibur bersama keluarga, misalnya makan di restoran cepat saji, atau bermanja-manja dengan fasilitas hotel. Tak ada salahnya memang melakukan hal tersebut, namun rasanya akan sayang sekali jika Anda melewatkan suasana kelokalan yang ada di sekitar lokasi liburan keluarga Anda.

Ajaklah anak Anda untuk ikut berbincang dengan warga lokal yang Anda temui di jalan misalnya, biarkan mereka bertanya banyak hal pada mereka. Atau simpelnya, ajak mereka untuk berwisata kuliner lokal di luar penginapan Anda.

Hotel? Tenda? Semua tak masalah asal tidur bersama

Untuk menjalin kedekatan lebih dengan anak-anak, pilihlah penginapan dengan kamar yang cukup luas untuk tempat tidur bersama. Jika Anda berlibur ke alam, cobalah sekali-kali melakukan camping. Tidur di tenda akan menambah pengalaman seru bagi Anda sekeluarga.

Saat malam hari, tanyakan kepada kepada mereka, hal apa yang paling berkesan selama rekreasi seharian. SharingĀ semacam ini akan meningkatkan tingkat kepercayaan dan kedekatan antar anggota keluarga. Selamat mencoba!

Baca juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Desti Artanti

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar