Sidebar

Demi Kejar Target 20 Juta Turis Asing, Menteri Pariwisata Genjot LCCT

Statistik mengatakan, sebanyak 15 juta turis asing ditargetkan berkunjung ke Indonesia selama tahun 2017, namun capaian target hanya mencapai 14.039.799 kunjungan. Lantas, bagaimana dengan target 20 juta kunjungan?

SHARE :

Ditulis Oleh: Himas Nur

Dua puluh juta turis asing ditargetkan melakukan kunjungan ke Indonesia selama tahun 2019 mendatang. Nominal tersebut tentu bukan target asal-asalan atau asumsi semata.

Berdasar pada target yang telah dicanangkan tersebut, Kementerian Pariwisata mengatakan bahwa LCCT (Low Cost Carrier Terminal) sebagai salah satu penentu utama keberhasilan.

Baca Juga: Baru Pertama Kali ke LCCT Malaysia? Ini yang Perlu Kamu Lakukan di Sana 

Maskapai LCCT diharapkan segera terealisasi (Foto/Unsplash.com)

Arief Yahya, Menteri Pariwisata Indonesia, menyebutkan bahwa melalui LCCT, Indonesia akan mendapatkan solusi dalam meningkatkan kunjungan turis.

“Tanpa LCCT, jangan harap target 20 juta wisatawan akan tercapai. (LCCT) Sangat menentukan,” tukas Arief pada Jumat (20/7/2018) malam dilansir Kompas.

Pihaknya mengklaim bahwa maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier mampu menyumbang kontribusi peningkatan kunjungan turis asing sebanyak 20 persen.

“Indonesia tidak punya LCCT. Jadi dia datang ke Indonesia, mereka parkir pada terminal di Bandara Soetta, T1, T2, T3, parkir di tempat yang tidak kompetitif dari sisi harganya,” papar Arief.

Pasalnya, banyak low cost carrier yang enggan datang ke Indonesia karena mahalnya airport charge.

“Maskapai LCCT itu ada 45 yang belum terbang ke Indonesia. Misal Indigo (India), Jet Air, Vietnam Jet. Mereka tak mau ke sini karena merasa airport charge-nya mahal,” ungkap Arief.

Baca Juga: 2.000 Turis Manacanegara Mendarat di Bintan Menggunakan Kapal Pesiar Mewah 

Rencana pembangunan LCCT akan direalisasikan di salah satu terminal di Bandara Soekarno Hatta pada akhir tahun 2018.  Terminal yang berpotensi intuk menjadi kandidat LCCT di Bandara Soetta adalah Terminal II.

Sebelumnya, target kunjungan wisatawan mancanegara atau turis asing telah dicanangkan pada 2017 silam. Sebanyak 15 juta turis asing ditargetkan berkunjung ke Indonesia selama tahun 2017, namun capaian target hanya mencapai 14.039.799 kunjungan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Ternyata yang Paling Membuat Turis Asing Betah Itu Bukan Bali Lho, tapi 9 Daerah Ini!

Turis Rusia Tidur di Kuburan Karena Kehabisan Uang Bekal Traveling

3 Negara Ini Berlakukan Pajak Baru untuk Turis Asing Mulai 2019

Daftar Pemegang Paspor Terkuat di Dunia Tahun 2018, Indonesia Ranking Berapa?

Viral, Turis Syria Dideportasi Setelah 7 Bulan Tinggal di Bandara

Post-Kolonialisme, Penyebab Fenomena Foto Bersama Bule

FALLBACK
The END