Kuliner Kaledo, Santapan dari Kaki Lembu khas Palu, Sulawesi Tengah

kuliner kaki lembu donggala khas kota Palu (Instagram/toufin162)

Kuliner Kaledo merupakan salah satu makanan khas yang kudu Anda jajal ketika tengah pelesir ke Kota Palu di Sulawesi Tengah.

Baca Juga: 5 Kudapan Enak Indonesia Ini Rupanya Kuliner Peninggalan Belanda

kuliner kaledo

kuliner kaki lembu donggala khas kota Palu (Instagram/soalpalu)

Kuliner ini mirip dengan sup buntut, bedanya tulangnya berasal dari kaki lembu. Perbedaan lainnya yakni kuliner Kaledo ini disajikan bukan dengan nasi melainkan dengan ubi.

Kaledo atau ”Kaki Lembu Donggala” ini diambil dari ruas tulang lutut yang masih penuh dengan sum-sum. Berdasar asal bahasanya, Kaledo berasal dari Bahasa Kaili, yakni bahasa penduduk Palu. Ka artinya Keras, dan Ledo artinya Tidak, sehingga dapat diartikan “tidak keras”.

Dimana Anda bisa menemukan kuliner kaledo

kuliner kaledo

kuliner kaki lembu donggala khas kota Palu (Instagram/fatihkarim)

Salah satu tempat makan yang menyajikan makanan khas ini adalah rumah makan ”Kaledo Mutiara” di Jalan Layana Indah Kecamatan Mantikolore, Palu.

Sajian kaki lembu rebus yang disiram dengan kuah bening ditambah dengan aroma kaldu dari tulang lembu, sudah pasti akan menggugah selera Anda.

Meski sekilas tampak seperti sup sum-sum, kuliner Kaledo khas Palu ini lebih bening dan rasanya lebih sederhana sebab tak ditambahi bumbu apapun, yakni hanya kaldu alami dari tulang lembu.

Tak semata bening, kuah kuliner ini sebenarnya dihiasi pula dengan sampuran bawang, garam dan jeruk nipis, sehingga kuah akan terasa lebih segar dan nikmat ketika disantap. Bagi Anda yang doyan pedas, Anda bisa pula menambahkan irisan cabai yang telah disediakan di atas meja.

Harga seporsi kuliner Kaledo

kuliner kaledo

kuliner kaki lembu donggala khas kota Palu (Instagram/toufin162)

Satu porsi Kaki Lembu Donggala lengkap dibanderol dengan tarif sebesar Rp65 ribu. Meski terbilang cukup merogoh kantong, pengalaman cita rasa Anda akan terbayarkan segera.

Tak hanya asal bahannya dari kaki lembu yang membuat santapan ini menjadi unik, namun sum-sum yang ada disebalik tulang lembu ini sudah pasti bikin nagih.

Baca Juga: Mengintip Ragam Kuliner yang Ada di Scene Film Crazy Rich Asians

Kuliner Kaledo ini bisa pula dinikmati singkong rebus. Meski terkesan aneh dan barangkali tak terbiasa, resep yang satu ini sangat layak untuk Anda jajal.

Jadi, sudah siap pelesir ke Kota Palu sembari mencicipi makanan khas daerah ini?

Dapatkan ulasan menarik tentang kuliner unik dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar