Sidebar

Pedasnya Komentar Seorang Bule Tentang Kota Lama Semarang, "Seperti Kota Sangat Miskin dan Bobrok"

Daan Goppel, bule ini banyak berkomentar tentang Kota Lama Semarang. Mengkritik Kota Lama Semarang dalam video durasi 9 menit 21 detik. Ini komentarnya!

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Baru-baru ini media sosial Facebook sedang heboh dengan adanya video bule yang sedang berkeliling ke Kota Lama Semarang dan berkomentar tentang Kota Lama baik sisi positifnya hingga negatifnya.

Video ini diunggah oleh pengguna Facebook Nur Aziz pada hari Senin (9/4/2018) sontak langsung mendapatkan banyak komentar dari warganet apalagi si bule sempat bilang jika “Kota Lama seperti kota yang sangat miskin dan bobrok”.

Bule ini berkomentar tentang Kota Lama. Foto dari screen shoot Video di Facebook.

Diketahui, bule yang memberikan komentar pedas tentang Kota Lama ini bernama Daan Goppel. Ia adalah seorang turis dari Belanda. Terlihat ia datang ke Kota Lama sendirian ditemani kameranya layaknya seorang Vlogger.

Dalam video berdurasi 9 menit 21 detik sang bule ini berkeliling ke berbagai sudut Kota Lama. Ia banyak mengeluhkan penampilan Kota Lama yang terkesan kumuh. Bukan hanya itu, ia juga membicarakan tentang tatanan Kota Lama Semarang yang terlihat kurang diperhatikan. Ia menyayangkan cara renovasi yang dinilai setengah-setengah.

“Tapi cara renovasinya sedikit malas.. Di bagian depan bagus tapi di bagian samping… heahh (kurang bagus).” ujarnya

Baca juga: Perlakuan Bule di Indonesia yang Dianggap Superstar, Inikah Alasannya?

Bukan hanya itu saja, ia juga menyayangkan pengelola wisata yang mementingkan pungutan kotak amal daripada membuat wisatawan merasa nyaman terlebih dahulu akan tempat wisata tersebut.

“Ya bagus, dipandu langsung ke kotak sumbangan. Tidak menunjukkan isi gereja dulu dan bercerita tentangnya. Ngga..” tambah dia.

Bule ini juga merasa kecewa dengan beberapa pembangunan toko dan ruko di sekitar Kota Lama. Ia merasa pemerintah setempat seperti tidak menyadari potensi wisata yang Kota Lama punya.

“Sayang sekali, kehilangan potensi wisata. Kehilangan potensi sebagai Paris Vas Asia Tenggara. Sayang sekali. Seperti menyianyiakan yang ada.” ujar Daan.

Meskipun banyak berkomentar pedas tentang destinasi wisata andalan Semarang ini tapi ia juga sempat berkomentar positif tentang Kota Lama. Ia mengaku sangat senang bisa sampai ke Semarang dan melihat Paris van Asia Tenggara.

Baca juga: Bule pemberi komentar pedas ke Kota Lama Semarang bawa becak Indonesia ke Amsterdam buat jalan-jalan! Keren

Bahkan ia juga merasa bahwa Semarang akan menjadi sangat bagus jika mengelola kawasan itu dengan benar. Apalagi terdapat stasiun yang letaknya dekat dengan lokasi wisata.

“Orang Semarang sedang tinggal di atas gunung emas, tapi mungkin belum tahu, belum sadar. Tapi kalau merenovasikan semua ini akan menjadi kota yang indah sekali. Sangat banyak orang yang pergi ke sini. Restoran mau buka, orang akan tinggal ke sini. Ini akan menjadi lebih bagus daripada Jakarta, daripada Bandung, Malang, apasaja di Indonesia. Ikon Semarang itu bagus!” tutup bule ini.

Komentar bule ini tentu bisa manjadi sebuah masukan kepada pemerintah untuk memajukan wisata Semarang.

***

Diketahui, video bule berkomentar tentang Kota Lama Semarang ini diunggah pada tahun 2014. Untungnya, kini Semarang sudah banyak berubah dan bangunannya telah banyak direnovasi. Bukan terlihat kumuh, kini kawasan ini sudah seperti Paris Van Asia Tenggara layaknya kata bule tersebut.

Berikut ini video asli dan lengkap Daan Goppel yang berkomentar tentang Kota Lama.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kehabisan Uang Liburan, Bule Australia Curi Barang Mewah Vila di Bali

Post-Kolonialisme, Penyebab Fenomena Foto Bersama Bule

Potret Liburan Mathias Pettersen, Youtuber yang Sering Bagikan Kekayaan Kultur Indonesia

Unik! Bukan Traveling, Deretan Bule Ganteng Ini Datang ke Indonesia untuk Jadi Pedagang Kaki Lima

Tak Punya Uang, Turis Rusia Jalan Kaki dari Bogor ke Palabuhan Ratu

Bule Rusia Laporkan Hotel di Bali Atas Dugaan Pornoaksi Anak

FALLBACK
The END