facebook pixel

Kelakuan Turis Indonesia di Jepang Ini Sukses Bikin Malu dan Heboh

Duh ,kelakuan turis Indonesia di Jepang ini bikin malu!


Jadilah turis yang beretika saat di negara orang, dengan tahu aturan apa yang harus Kamu patuhi.

turis indonesia di jepang

Kondisi meja makan dan nampan yang berantakan. Sumber foto

Tyas Palar -mahasiswa asal Indonesia yang sedang kuliah di Jepang- melihat turis asal Indonesia yang meninggalkan nampan bekas makanan berantakan di meja. Melansir dari Kompas, Tyas saat itu  memotret kejadian itu dan memosting di akun facebooknya. Tak lama, foto yang diunggahnya pun langsung viral di sosial media dan bikin malu Indonesia. Kok bisa ya? 

Sepele di Indonesia, tapi jadi hal yang menyebalkan jika Kamu berada di Jepang

Ternyata, meninggalkan meja makan yang penuh dengan sampah sisa makanan bukanlah hal yang wajar di Jepang. Kalau dipikir-pikir, sepele ya gais. Cuma ninggalin nampan bekas makan di meja gitu aja. Kalau di Indonesia sih udah jadi hal lumrah, karena emang biasanya ada petugas resto yang bakal beresin meja makan Kamu. 

Tapi kalau di Jepang, ini bakal jadi hal yang menyebalkan. Karena di Jepang emang nggak ada pelayan yang bakal beresin nampan Kamu. Yang perlu Kamu tahu nih, Jepang emang menerapkan sistem self-service di beberapa tempat makan. Dan ini mengharuskan Kamu membereskan sisa makananmu sendiri.

Kalau sampai Kamu ngelakuin hal kayak turis asal Indonesia tersebut, kasihan juga kan orang yang bakal makan di situ. Yang makan siapa, yang harus beresin siapa? Selain bikin repot pengunjung lain, jadi bikin tempat makan nggak enak dilihat dan kelihatan kotor. 

Makanya penting banget buat Kamu untuk tahu aturan makan di negara yang bakal dikunjungi

Aturan buat beresin sendiri nampan bekas makan nggak cuma berlaku di Jepang aja. Tapi negara lain kayak Korea Selatan, khususnya Seoul juga memberlakukan sistem ini. Jadi kalau Kamu berencana traveling ke Jepang atau Korea Selatan, ada baiknya Kamu ingat-ingat hal ini deh. 

Urusan etika makan saat Kamu pergi traveling ke luar negeri emang terdengar sepele. Tapi ini justru penting banget buat Kamu pahami. Jadi ada baiknya sebelum mengunjungi sebuah negara, Kamu cari tahu dulu etika yang berlaku di negara tersebut. Terutama yang berhubungan dengan etika makan dan minum. 

Kayak misalnya di Jepang juga ada norma yang melarang Kamu buat makan dengan menusukkan sumpit ke nasi dalam posisi tegak. Soalnya ini cuma dilakukan pas ada pemakaman aja. Atau di negara-negara Timur Tengah, Afrika, dan India Kamu ternyata nggak boleh makan dengan tangan kiri. Karena hal ini dianggap sesuatu yang kotor.

Berbeda lagi dengan aturan makan di Meksiko, yang mengharuskan Kamu makan Tacos dengan tangan dan bukan dengan sendok atau garpu. Kalau di Italia, jangan sekali-kali deh minta keju parmesan di atas pizza, karena Kamu akan dianggap sedang menghina tukang masak yang memasak menu buat Kamu. 

Hal-hal kayak gini emang kayaknya sepele, tapi coba bayangin kalau Kamu nggak paham. Kamu bisa jadi udah melakukan hal yang memalukan sekaligus menghina warga lokal sekitar. Kamu pastinya nggak mau kan kalau sampe kayak gitu.

***

Ternyata cuma urusan makan aja bisa jadi hal yang memalukan ya gais kalau sampai Kamu nggak paham aturan yang berlaku. Makanya, biar Kamu nggak kayak turis yang ninggalin nampan berantakan itu, pelajari dulu aturan atau norma makan yang berlaku di negara yang ingin Kamu kunjungi. Biar nggak dikira norak dan bikin jelek nama Indonesia juga. 

Baca juga:

banner experience