Sidebar

Kampung Wisata Pandanwangi, dari Spot Instagramable hingga Kereta Gantung Pun Ada

Pada pembangunan tahap pertama, Kampung Wisata Pandanwangi memang disiapkan khusus untuk wisatawan pencinta fotografi saja, untuk tahap kedua pembangunan akan fokus pada aktivitas yang mengedukasi.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Pariwisata Cianjur bukan hanya tentang Kebun Raya Cibodas dan Taman Nasional Gede Pangrango saja. Kabar baiknya, kini Cianjur punya tempat wisata baru yang menekankan pada edukasi pertanian dan budaya, Kampung Budaya Padi Pandanwangi namanya.

Berfoto di antara lumbung padi dan pendopo mini di kampung wisata pandan wangi. Foto dari akun instagram icaa_nisya

Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga membangun Kampung Budaya Padi Pandanwangi, di Desa Mekarwangi, Kecamatan Warungkondang. Kampung wisata Pandanwangi akan dibangun dalam dua tahap. Meski belum rampung seutuhnya karena masih ada pembangunan tahap ke-II, Kampung Wisata Pandanwangi sudah bisa dikunjungi.

Baca juga: jalur kereta Cianjur – Sukabumi permudah akses wisatawan

Saat ini, Kampung Wisata Pandanwangi sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata seperti museum tani. Di museum ini, para wisatawan bisa mengenal berbagai macam alat pertanian yang berkaitan dengan padi pandanwangi terpajang rapi. Dengan adanya museum tani ini, wisatawan jadi lebih tahu alat apa sajakah yang dipergunakan untuk menghasilkan satu piring nasi yang disantap setiap hari.

7 lumbung padi di kampung wisata pandanwangi yang mulai menarik hati. Foto dari akun instagram infowarungkondang

Selain museum tani, Kampung Wisata Pandanwangi juga dilengkapi dengan pendopo mini yang digunakan para petani untuk berdiskusi dan berkumpul membahas perihal masalah pertanian yang sedang dihadapi. Selain itu, ada juga 7 leuit atau lumbung padi dengan gaya arsitektur bangunan khas Cianjur.

Tak hanya itu, kampung wisata Pandanwangi pun dilengkapi dengan mushola. Jadi, setiap wisatawan yang habiskan akhir pekan untuk bersantai di kampung wisata ini tak perlu bingung lagi mencari tempat beribadah. Lalu, ada tiga bangunan tradisional yang terlihat cantik sebagai latar foto.

Pada pembangunan tahap pertama, Kampung Wisata Pandanwangi memang disiapkan khusus untuk wisatawan pencinta fotografi saja. Di sini, cukup banyak spot foto yang instagramable. Namun, pada tahap lanjutannya nanti yang akan dilaksanakan pada triwulan kedua, pembangunan Kampung Wisata Pandanwangi akan difokuskan pada penyediaan sarana penunjang wisata edukasi pertanian.

Baca juga: hotel-hotel di Cianjur yang dukung konsep syariah

Menurut Kepala Disparpora Kab. Cianjur, Asep Suparman, nantinya disediakan lahan untuk wisata cocok tanam padi untuk para wisatawan. Tak hanya itu, Kampung Wisata Pandanwangi pun diwacanakan akan dibangun kereta gantung.

Kereta gantung ini difungsikan sebagai sarana untuk menyaksikan proses berococok tanam padi dari ketinggian. Pemandangan yang indah khas persawahan dan segala kegiatan para petani bisa diamati.

Bukan hanya sediakan wisata edukasi pertanian saja, tujuan dikembangkannya Kampung Wisata Pandanwangi ini pun bertujuan untuk mengenalkan Cianjur kepada masyarakat luas tanpa menghilangkan ciri khas Cianjur sebagai penghasil beras Pandanwangi.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Lahan Bekas Tambang di Jawa Barat Akan Menjadi Tempat Wisata Baru

Misteri Gunung Padang, Bersemayamnya Dewi Sri Sang Dewi Kesuburan

Peradaban Tertua di Dunia Diduga Berada di Indonesia

Destinasi 'Surga' Alam Jawa Barat yang Harus Kamu Datangi Secepatnya

Makanan Lawas Khas Kabupaten Cianjur Itu Bernama Geco

Kini Sudah Ada Bentor Online, Liburan ke Padang Makin Menyenangkan

FALLBACK
The END