Juri Kontes Masak Inggris yang Protes Mengapa Ayam Rendang Tidak Garing Dihujat Netizen

Ayam rendang buatan Zaleha. Foto dari IG

Ayam Rendang buatan salah satu kontestan Master Chef Inggris, Zaleha Kadir Opin mendapatkan kritik pedas di acara itu, para juri mengaku ayam rendang buatan Zaleha tak garing. Sontak Chef asal Malaysia, Datuk Redzuwan Ismail pun ikut bicara mengenai hal ini.

Ayam rendang

Ayam rendang buatan Zaleha di ajang Master Chef Inggris. Foto dari IG Zaleha Kadir Olpin

Chef asal Malaysia ini mengaku mempertanyakan alasan juri menginginkan ayam rendang yang garing karena pada dasarnya olahan Ayam Rendang ini dimasak dengan cara direbus dengan rempah-rempah segar Asia serta santan. Sehingga hasil akhirnya, ayam akan terasa lembek, bukannya garing.

“Ini bukan bebek ala oranye atau confit d canard; cara orang Prancis memasak bebek mereka! Ini Ayam ‘rendang’. Hidangan dalam resep ini tidak digoreng. Jelas dia (juri) tidak tahu, kami memasaknya dengan cara ‘rendang’ Malaysia!” ujar Datuk Redzuawan Ismail.

Baca juga: Reaksi Warga Berbagai Negara Saat Mencicipi Rendang Jengkol

Kejadian ini juga membuat chef asal Malaysia lainnya juga merasa gemas. Ia meminta juri untuk memahami bagaimana memasak rendang secara tradisional sebelum memberikan komentarnya. Apalagi Zaleha diketahui harus keluar di babak perempat final kontes Master Chef Inggris karena hidangan rendang ayamnya itu.

“Pahami cara memasak rendang tradisional. Saya tantang dia dan lihat apakah bisa membuat kulit ayamnya renyah, ”kata chef yang tak disebutkan namanya itu dilansir dari AntaraNews.

Sharizah Hashim dari Dapur London juga mengatakan bahwa komentar juri tak adil.

“Apa yang dia harapkan mungkin adalah versi rendang ayam yang di-pimped. Mungkin kulit ayam dihilangkan kemudian digoreng dan diletakkan di atasnya untuk hiasan, untuk memberi tekstur. Bagi kami, memasak tradisional selalu merupakan substansi dari bentuk. Selalu soal rasa sebelum hal lain. Tentu saja harus menarik mata terlebih dahulu, karena itu akan membangkitkan selera. Tapi kami tidak ingin “mencemarkan” kesucian seni tradisional pembuatan rendang,”tuturnya.

Baca juga: Bule Pelantun Nasi Padang Kini Promosi Rendang di Norwegia

Zaleha yang disalahkan karena hidangan ayamnya yang kurang garing pun mengungkapkan bahwa ia akan terus memasak Ayam Rendang dengan caranya sendiri meskipun juri menginginkan kulit yang krispy.

“Hidangan Nasi Lemak saya di Master Chef tadi malam. Sangat bangga telah menyajikan ini dan saya akan terus memasak dengan cara yang disukai keluarga saya. Tidak mengubah makanan favorit negara,” tulis dia di status Instagram pribadi Zaleha.

Dapatkan ulasan menarik tentang Kuliner dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar