Sidebar

Jelang Asian Games 2018, Jokowi Uji Sertifikasi LRT Palembang

Dalam kunjungannya ke Jakabaring, Jokowi menjelaskan tidak hanya LRT Palembang saja, nantinya akan dibangun LRT tiga kota lain yaitu Medan, Surabaya, dan Bandung.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Jelang Asian Games 2018 yang digelar pada 18 Agustus – 2 September 2018 mendatang, segala fasilitas yang dibangun untuk menunjang gelaran akbar ini sudah hampir rampung diselesaikan.

Proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang yang dilakukan PT Industri Kereta Api (Persero) akan siap dioperasikan. Pada Jumat (13/7), Presiden Jokowi meninjau stasiun Jakabaring, Sumatera Selatan.

Baca juga: Fakta LRT Palembang yang dibilang kemahalan

Dalam postingan di akun twitter @jokowi ia menuliskan bahwa konstruksi LRT Palembang yang akan digunakan sebagai penghubung transportasi dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin hingga komplek Olahraga Jakabaring ini 95% menggunakan bahan lokal.

Jokowi menambahkan, dengan dibangunnya LRT ini, Indonesia siap memasuki peradaban baru, budaya baru menggunakan transportasi massal yang aman dan nyaman.

Dalam kunjungannya ke Jakabaring, Jokowi menjelaskan bahwa nantinya akan ada tiga proyek LRT lainnya yang akan digarap di kota besar Indonesia yaitu Bandung, Surabaya, dan Medan.

“Bukan hanya di Palembang saja, tapi nanti di kota lain. Ini direncanakan dibangun LRT di Surabaya, Bandung, dan Medan. Tiga ini yang dalam perencanaan matang dan sebentar lagi mau kita mulai,” ujar Jokowi dilansir dari gesuri.id.

Saat ini, proyek LRT Palembang masih dalam tahap uji sertifikasi. Barulah setelah itu akan diresmikan.

“Ini kan baru ada uji sertifikasi, kalau nanti selesai semua pasti dijalankan. Yang penting tadi sudah kita coba dan dalam kecepatan yang tinggi, agak ngerem sedikit belok,” kata Jokowi.

LRT di Stasiun Kelapa Gading Jakarta. Foto dari Stanly Ravel

LRT Palembang akan dilengkapi dengan 13 stasiun yang meliputi Stasiun Sultan Mahmud Badaruddin II, Stasiun Asrama Haji, Stasiun Telkom, Stasiun RSUD, Stasiun Polda, Stasiun Demang Lebar Daun, Stasiun Palembang Icon, Stasiun Besar/Kominfo, Stasiun Pasar Cinde, Stasiun Jembatan Ampera, Stasiun Polresta, Stasiun Stadion Jakabaring dan Stasiun OPI.

Terdapat 4 trainset atau 12 gerbong kereta yang mulai dikirim ke Palembang. Sementara kontrak pengadaan kereta LRT yang dipesan mencapai 8 trainset atau 24 gerbong.

Baca juga: Tiket Asian Games sudah bisa dipesan online.

Gerbong LRT Palembang sendiri akan menggunakan hydrogen Bus dari Norwegia. Hydrogen Bus ini merupakan kereta listrik ringan dengan bentuk double decker.

Soal tarif, LRT Palembang diprediksi akan memberikan tarif rendah sekitar Rp5.0000 hingga Rp10.000. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Mulai Hari Ini, Jam Operasi LRT Palembang Hingga Pukul 10 Malam

Menilik Kesuksesan Kirab Obor Asian Para Games 2018 di Bali

Bingung Cara Naik LRT Palembang? Yuk Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini

Bincang Santai Bersama Pak Kadin Perihal Pariwisata Palembang Pasca Asian Games

Menyelami Euforia Asian Games 2018 dari Kacamata Warga Lokal

Review LRT Palembang yang Harga Tiketnya Cuma 10 Ribu Rupiah

FALLBACK
The END