Kian Pulih dari Gempa Bumi, Jokowi Ajak Wisatawan Mendaki Rinjani

Jokowi ajak wisatawan dan pecita alam kembali mendaki Rinjani (Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo mengajak wisatawan dan pencinta alam untuk mendaki Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).  Jokowi menyakinkan bahwa pariwisata Lombok sudah aman untuk dikunjungi.

Perihal ini disampaikan langsung oleh Jokowi melalui foto unggahannya di akun Instagram @Jokowi pada Sabtu (24/11/2018) lalu.

Ajakan mendaki Rinjani

mendaki rinjani

pesona Rinjani saat malam menjelang (Foto/javanewsonline)

Baca Juga: Gunung Rinjani Ditutup Hingga Tahun 2020, Ini Pernyataan Kepala TNGR

Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa perlahan tapi pasti, Nusa Tenggara Barat mulai pulih setelah mengalami gempa bumi besar beberapa waktu lalu.

Keadaan pulih ini bisa ditilik melalui mulai dibukanya jalur pendakian untuk mendaki Rinjani. Kepada wisatawan dan para pecinta alam, Joko Widodo mengajak untuk mulai kembali mendaki Gunung Rinjani karena sudah aman.

Diketahui dari satu dari empat jalur pendakian ke Gunung Rinjani telah dibuka awal pekan ini. Jalur itu dari arah Desa Aik Berik di Lombok Tengah.

Sementara, tiga jalur pendakian lainnya yaitu Timbanuh dan Sembalun di Lombok Timur dan Senaru di Lombok Utara masih ditutup untuk pendakian.

Penutupan masih dilakukan karena jalur pendakian yang rusak berat akibat gempa bumi. Sebelumnya, awal pekan ini pihak Taman Nasional Gunung Rinjani membuka jalur pendakian Gunung Rinjani via Aik Berik lantaran telah melalui persyaratan dan melibatkan banyak pihak sebagai dasar pertimbangan.

View this post on Instagram

Perlahan tapi pasti, Nusa Tenggara Barat mulai pulih setelah mengalami gempa bumi besar beberapa waktu lalu. Salah satun tandanya, pendakian ke Gunung Rinjani kini dibuka untuk wisatawan dan pecinta alam. Satu dari empat jalur pendakian ke Gunung Rinjani telah dibuka awal pekan ini. Jalur itu dari arah Desa Aik Berik di Lombok Tengah. Tiga lainnya yakni jalur pendakian Timbanuh, dan Sembalun di Lombok Timur, serta Senaru, Lombok Utara. Tiga jalur ini masih ditutup karena rusak berat akibat gempa bumi. Mari berwisata ke NTB, menikmati keindahan alam, air terjun, dan padang savana, di sepanjang jalan menuju puncak Gunung Rinjani. Pendeknya, Lombok sudah aman untuk dikunjungi. Kedatangan wisatawan juga akan membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar kawasan taman nasional yang sempat lumpuh akibat gempa bumi Agustus lalu.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani, Sudiyono mengatakan hanya jalur Aik Berik yang layak, baik dari segi keamanan dan kebutuhan air bagi para pendaki.

“Jalur pendakian di Aik Berik dibuka resmi hari ini dalam rangka menghilangkan dahaga pendaki pencinta Rinjani,” kata Sudiyono,” katanya awal pekan lalu dikutip Kompas. 

Tak hanya mendaki Rinjani, Joko Widodo juga mengimbau masyarakat untuk kembali berwisata ke destinasi-destinasi yang ada di Nusa Tenggara Barat.

“Mari berwisata ke NTB, menikmati keindahan alam, air terjun, dan padang savana, di sepanjang jalan menuju puncak Gunung Rinjani,” ungkap Jokowi.

Baca Juga: Mengintip Keindahan Jalur Pendakian Aik Berik Gunung Rinjani

“Pendeknya, Lombok sudah aman untuk dikunjungi. Kedatangan wisatawan juga akan membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar kawasan taman nasional yang sempat lumpuh akibat gempa bumi Agustus lalu,” pungkas Jokowi.

Dapatkan ulasan menarik tentang gunung rinjani dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar