Rekomendasi Wisata Budaya di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Sebagai kota budaya, ada sangat banyak wisata di Jogja yang tak boleh dilewatkan. Kami coba ulas beberapa sebagai rekomendasi liburan nanti.

Ditulis Oleh Syaiful Millah

Petunjuk arah ke berbagai tempat wisata di Jogja.

Selain punya julukan kota pelajar, Jogja juga punya banyak julukan lain seperti kota Gudeg, kota pendidikan, kota istimewa dan tentu saja Jogja kota budaya. Sebagai salah satu wilayah istimewa yang ada di Indonesia dengan dipimpin langsung oleh Sultan, Jogja masih lekat dengan suasana budaya yang kental. 

Berbagai kegiatan seni dan budaya seringkali diadakan di daerah Jogja mulai dari kegiatan harian hingga tahunan. Skala kecil-kecilan hingga nasional bahkan internasional. Dari pertunjukan jalanan hingga diatas panggung megah. Jogja selalu menghadirkan unsur budaya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 

Baca juga : Agenda wisata harian Jogja 

Berikut ini adalah kegiatan budaya yang harus kalian coba lakukan saat berlibur di Jogja: 

1. Mengamati proses melukis wayang 

Di Jogja, wisatawan bisa langsung melihat proses melukis wayang pada hari Rabu pukul 10.00-15.00 bertempat di Tembi Rumah Budaya, Jalan Parangtritis KM 8.4, Sewon, Bantul.

Seni melukis karakter wayang sudah menjadi tradisi yang tak bisa dilepaskan dari Indonesia, khususnya Yogyakarta. Karena itu, para pengrajin di Tembi Rumah Budaya melakukan demo lukis wayang yang bisa disaksikan langsung oleh para wisatawan. Selain itu, sambil melihat proses melukis wayang, kita juga akan diperdengarkan cerita-cerita dari tokoh yang sedang dikerjakan. 

Kegiatan ini bisa jadi alternatif kalian untuk berlibur sambil tetap mendapat wawasan budaya sekaligus. Tak perlu khawatir dengan biaya, untuk melihat proses ini kalian tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis. 

Baca juga : Sepenggal kisah menyaksikan pagelaran wayang kulit

2. Menonton tari klasik di Keraton

Tak lengkap rasanya bilang berlibur ke Jogja tapi belum mengunjungi ikon utamanya yakni Keraton Nyayogyakarta Hadiningrat yang terletak di tengah pusat kota. Istana kesultanan resmi ini menjadi tempat tinggal Sultan beserta keluarga dan kerabat hingga saat ini. 

Selain menyaksikan arsitektur bangunan kuno nan megah beserta suasana khas kesultanan, di Keraton ini juga seringkali diadakan kegiatan seni dan budaya pada waktu-waktu tertentu. Untuk itu, kalian wajib mencari informasi jadwal kegiatan kepada petugas yang ada di Keraton. 

Salah satunya adalah pertunjukan tari klasik yang diadakan setiap hari Minggu pukul 10.00-12.00 WIB. Kalian bisa menikmati tarian-tarian dengan iringan musik tradisional ini tanpa harus membayar dua kali. Hanya perlu bayar tiket masuk Keraton saja. 

3. Menyaksikan demo jamas keris 

Jamas keris merupakan kegiatan memandikan benda pusaka berupa keris. Kegiatan ini diadakan oleh Tembi Rumah Budaya setiap hari Jumat pukul 10.00-15.00 di Pendapa TRB.

Disini, kalian bida menyaksikan demo jamas keris yang biasanya hanya dapat disaksikan pada waktu-waktu tertentu seperti pada bulan Suro penanggalan kalender Jawa. Kegiatan ini ditujukan agar masyarakat dan wisatawan bisa mengenal ritual budaya yang saat ini tidak banyak orang tau dan mengerti.

4. Pentas Sendratari Ramayana berlatar Candi Prambanan 

Siapa yang tak kenal dengan Candi Prambanan? Prambanan bahkan tidak hanya menjadi ikon Yogyakarta, tetapi Indonesia dan sudah sangat dikenal di kancah internasional. 

Berbagai kegiatan digelar di kawasan candi ini mulai dari Heritage Walk, Tawur Agung, hingga Prambanan Jazz yang gaungnya tak perlu diragukan lagi hingga ke mancanegara. Selain itu, ada juga event yang tak kalah menarik yang diadakan di Candi Prambanan pada waktu-waktu tertentu yaitu Ramayana Ballet. 

Ramayana Ballet sendiri merupakan pertunjukan seni drama dan tari. Istimewanya kegiatan ini diadakan di panggung terbuka yang dibangun seolah menyatu dengan Candi Prambanan sebagai latar nya, sekaligus menyatu dengan lingkungan alam Gunung Merapi. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang WISATA JOGJA, tulisan lain Syaiful Millah

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post