Kamu Hanya Perlu 3 Jenis Lensa Ini Untuk Traveling

Kamu yang masih gemar membawa kamera DSLR ketika traveling, pasti kamu pernah merasakan kondisi dimana kamu salah membawa lensa. Terlalu banyak membawa lensa akan membuat tas kamu terasa penuh, imbasnya juga adalah tas kamu akan terasa berat. Belum lagi ketika kamu harus menjaga semua lensa tersebut agar tetap dalam kondisi yang baik.

Bagi sebagian orang, membawa satu lensa terasa sudah cukup, namun bagi sebagian orang lain bahwa membawa satu lensa terasa tidak bisa mencukupi semua kebutuhan ketika sedang traveling. Ada traveler yang memang memotret sebagai pelengkap traveling, ada juga yang memang melakukan traveling untuk memotret.

Bagi kamu yang melakukan traveling untuk memotret, maka pastikan kamu membawa lensa yang sesuai untuk jenis fotografi yang akan kamu lakukan ketika traveling. Sebagian orang merasa sudah cukup dengan hanya membawa lensa kit, namun lensa kit memiliki banyak kekurangan. Selain kualitas material optik yang biasa-biasa saja, juga jangkauan yang terbatas untuk objek yang akan kita foto.

Sebenarnya, apabila kamu akan traveling dan sedang kebingungan akan membawa lensa jenis apa saja yang akan kamu bawa, maka lebih baik kamu membaca rekomendasi 3 jenis lensa untuk traveling ini :

#1 Lensa Wide

Salah satu hal yang sangat disuka dari lensa wide adalah jangkauannya yang luas, sehingga ketika kamu sedang berada di sudut rumah makan yang kecil dan ramai, kamu bisa dengan mudah untuk mendapatkan gambar saat berada di dalam rumah makan tersebut.

Menggunakan lensa wide juga akan membuat sebuah efek distorsi yang menjadikan lensa wide sangat khas untuk berbagai liputan jarak dekat. Distorsi inilah yang memberikan kesan dramatis untuk setiap foto yang bisa diambil dengan menggunakan lensa wide.

Rekomendasi lensa wide:

Canon 10-22mm f/3.5-4.5 : lensa ini memiliki menggunakan USM atau Ultra Sonic Motor, sehingga kecepatan fokusnya akan sangat bisa diandalkan saat mengejar berbagai objek yang bergerak cepat.

Tokina 11-16mm f/2.8 : lensa dengan bukaan aperture konstan pada setiap focal lengthnya ini sangat mendukung untuk digunakan pada ruangan yang minim cahaya. Seperti saat upacara adat yang dilakukan di dalam ruangan.
Baca Juga : 11 Tips Lengkap Dalam Memilih Kamera Pocket Untuk Traveling

#2 Lensa Tele

Untuk memotret objek jarak jauh yang tidak mungkin dicapai dengan menggunakan lensa wide, maka lensa tele adalah pilihan yang cocok. Semisal kamu tidak mendekat ke sebuah objek pada tradisi sedekah laut, maka dengan menggunakan lensa tele itu bukanlah hal yang rumit.

Lensa tele sangat cocok bagi kamu yang suka memotret secara candid, atau menyukai efek bokeh yang menarik dari jarak jauh.

Rekomendasi lensa tele yang ringan untuk di bawa saat traveling adalah:

Canon 55-250mm f/4-5.6 : lensa ini memiliki jangkauan focal length yang cukup jauh, rentang zoom dari 55 sampai 250 juga sudah mencukupi untuk kemampuan foto candid kamu.

Nikkor AFS 70-300 f/4-5.6g : sangat direkomendasikan untuk pemilik body kamera nikon yang tidak memiliki motor, seperti d3100 atau d5100 dan sejenisnya. Selain sudah terintegrasi motor di dalamnya, lensa ini juga memiliki jangkauan yang lumayan jauh, yaitu 300mm
Baca Juga : Masih Membawa DLSR Saat Traveling? Pertimbangkan 9 Keunggulan Mirrorless Ini

#3 Lensa Fix

Lensa ini selain memiliki bukaan yang lebar, juga keterbasan focal lengthnya inilah yang membuat lensa fix semakin terasa istimewa. Kamu harus bergerak maju mundur untuk bisa mendapatkan komposisi dalam frame yang akan kamu rekam ke dalam sensor.

Ringan dan berukuran kecil, merupakan salah satu nilai plus lensa ini. Pada beberapa fotogafer malah hanya membawa lensa fix saja ketika bepergian. Tujuannya hanya ingin lebih serius dalam memotret.

Rekomendasi lensa fix yang dibawa saat traveling adalah :

Nikkor AFD 50mm f/1.8 : lensa fix legendaris ini hanya bisa menjalankan autofokusnya pada body kamera nikon yang bermotor. Namun tetap bisa digunakan pada body kamera yang tidak bermotor, hanya saja kamu harus melakukan fokusnya secara manual.

Canon 50mm f/1.4 : untuk lensa fix ini telah menggunakan USM, sehingga kecepatan auuto fokusnya sangat bisa diandalkan. Lensa ini juga memiliki titik fokus yang akurat, tidak seperti pada lensa canon 50mm f/1.8 yang kadang mendapatkan titik fokus yang meleset.

 

Yonguo 50mm f/1.8 : sayangnya lensa ini hanya bisa digunakan pada kamera Canon. Uniknya lensa ini adalah blade yang digunakan adalah segi lima, sehingga pada bokeh akan terlihat lebih unik karena tidak terlihat bulat seperti biasanya.

***

Ketiga jenis lensa tersebut adalah yang paling direkomendasikan dibawa saat traveling. Setidaknya bisa mengakomodir untuk semua momen yang akan terjadi saat kamu traveling. Ketika kamu tidak memiliki cukup dana untuk mengkoleksi lensa, maka pakailah lensa yang kamu miliki sekarang, perlatan memang penting, namun mata manusia mampu merekam lebih banyak kisah.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Ghozali Qodratullah

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran