9 Tahun Dibangun dan Telan Korban Jiwa, Jembatan Terpanjang di Dunia Akhirnya Diresmikan

China baru saja meresmikan jembatan terpanjang di dunia. Jembatan bernama Hong Kong – Zhuhai – Macao Bridge ini dibangun dalam kurun waktu 9 tahun.

Dilansir BBC, Hong Kong – Zhuhai – Macao Bridge adalah jembatan penyeberangan laut terpanjang di dunia yang memiliki jalur lintasan sejauh 55 kilometer membelah lautan Delta Pearl River. Diresmikan langsung oleh Presiden China Xi Jinping, jembatan terpanjang di dunia ini bahkan memiliki lintasan berupa terowongan bawah laut.

Baca juga: Berencana kunjungi China? Anda yang keturunan Tionghoa wajib memiliki visa khusus ini. Selengkapnya cek di sini

Hong Kong – Zhuhai – Macao Bridge didirikan untuk mengintegrasikan setiap kota-kota yang berada di sekitar Delta Pearl River. Melalui jembatan ini, Anda bisa mencapai daratan China Zhuhai dari Hong Kong hanya dalam 30 menit perjalanan kereta. Waktu tempuh ini 4 jam lebih singkat dari sebelumnya.

Selain mempercepat perjalanan, Hong Kong – Zhuhai – Macao Bridge juga didesain tahan terhadap gempa bumi dan badai topan, sehingga setiap orang yang menggunakan fasilitas ini tak perlu khawatir untuk alasan keselamatan akibat faktor alam.

Jembatan terpanjang di dunia ini pun dilengkapi kamera khusus yang mengidentifikasi driver mengantuk. Bila driver terlihat menguap tiga kali, maka petugas berwenang akan memeringatkan.

Selain itu, jembatan ini dilengkapi 48 kamera pengintai yang dipasang pada interval di sepanjang jembatan yang berfungsi untuk mengantisipasi teroris.

Untuk membangun jembatan, pemerintah China menghabiskan dana sebesar USD 20 M atau setara dengan Rp 30,4 T. Menariknya, jembatan ini menggunakan 400 ribu ton baja yang bahkan jumlahnya pun cukup untuk membangun 60 menara Eiffel!

Namun, dibalik kemegahan jembatan terpanjang di dunia ini, pembangunan Hong Kong – Zhuhai – Macao Bridge menerima respon negatif dari berbagai pihak.

jembatan terpanjang di dunia

Potret jembatan terpanjang di dunia. Foto dari tourismnewslive.com

Kelompok-kelompok pencinta lingkungan mengatakan proyek tersebut menyebabkan kerusakan serius pada kehidupan laut di daerah itu, termasuk lumba-lumba putih Cina yang sangat langka.

Jumlah lumba-lumba yang terlihat di perairan Hong Kong telah menurun dari 148 menjadi 47 dalam 10 tahun terakhir. Menurut Hong Kong World Wide Fund for Nature (WWF), lumba-lumba putih sekarang tidak ada di perairan dekat jembatan itu, menurut cabang

Baca juga: Ulasan tentang kampung ular Desa Zisiqiao di China 

Yang tak kalah menghebohkan, media dan warga setempat mengungkap kisah mencekam terkait pembangunan jembatan. Menurut banyak orang, beredar cerita bahwa selama proses pembangunan, jembatan Hong Kong – Zhuhai – Macau ini telah menelan 18 jiwa dan ratusan pekerja terluka. Oleh sebab itulah media dan warga lokal menjuluki jembatan ini dengan nama ‘Jembatan Kematian’.

Kabarnya, jembatan terpanjang di dunia milik China itu akan mulai beroperasi hari ini, Rabu (24/10/2018). Namun, yang disayangkan, tidak semua moda transportasi diperbolehkan untuk menyeberang menggunakan Hong Kong – Zhuhai – Macao Bridge. Sebab hanya kendaraan yang memiliki izin khusus yang diperbolehkan melintasi jembatan penyeberangan laut terpanjang di China ini.

Dapatkan ulasan menarik tentang China dan tulisan Lain dari Johan Vembrianto

Tags: ,

Paket Produk Penawaran