Sidebar

Wujud Jembatan Kaca Tana Toraja Sulsel yang Habiskan Dana 4 Milyar

Baru dibangun dengan biaya Rp4 miliar, begini penampakan jembatan kaca Tana Toraja yang berdiri kokoh di tepi jurang curam dan tinggi. Berani mencoba jalan kaki di atas jembatan ini?

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Tren jembatan kaca memang sedang mulai booming  di Indonesia. Setelah sebelumnya muncul jembatan kaca di Gunung Kidul, jembatan kaca Malang, kini dibuka juga jembatan kaca Tana Toraja. Tren jembatan kaca di Indonesia memang sedikit banyak terinspirasi dari jembatan kaca yang ada di Tiongkok.

Jembatan kaca Tana Toraja. Foto dari @mondwinita

Jembatan kaca Tana Toraja bisa dibilang merupakan jembatan yang paling mengerikan di Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 90 meter dan berada di atas tebing yang sangat curam dan dalam. Kabarnya pembuatan kaca ini menelan biaya hingga Rp4 miliar.

Baca juga: Deretan Jembatan Kaca di Indonesia yang Sedang Hits

Jembatan kaca Tana Toraja ini dibangun di area wisata religi Patung Yesus Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Wisatawan yang datang ke destinasi ini tak perlu khawatir dengan keamanan. sebab jembatan kaca ini dibuat dengan  menggunakan kaca jenis tempered glass yang berstandar SNI buatan Indonesia yaitu dari Kota Surabaya.

Jembatan kaca Tana Toraja. Foto dari @mondwinita

Kaca jenis tempered glass ini diketahui memiliki kekuatan yang jauh lebih baik dari pada jenis kaca biasa. selain itu kaca tempered glass juga mampu menahan tiga hingga lima kali lipat beban angin, benturan, perubahan temperatur tinggi dan juga tekanan air. Sehingga keamanan jembatan kaca ini sudah terjamin.

Karakteristik pecahan tempered glass juga aman, karena bentulnya tumpul dan kecil. Sehingga tidak akan melukai pengunjung jika terdapat sedikit pecahan.

Baca juga: Jembatan Kaca Gunung Kidul Tak Dibuka untuk Umum

Yang perlu diketahui wisatawan adalah untuk menginjakkan kaki di jembatan kaca Tana Toraja ini tak boleh menggunakan sembarang sepatu atau alas kaki. Rencananya pengelola akan menyediakan 20 pasang sepatu khusus yang diimpor langsung dari China. Sehingga faktor kenyamanan dan keamanan pengunjung tetap jadi nomor satu.

Dari atas jembatan kaca ini wisatawan dapat menikmati keindahan Patung Yesus setinggi 42 meter dan juga panorama alam Tana Toraja yang begitu eksotis dengan panorama perbukitannya.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Penemu Benua Australia Adalah Pelaut Makassar Saat Pelayaran Marege

Amatoa Resort Tanjung Bira Makassar, Hotel Mewah di Atas Tebing Batu

Tana Toraja Sulawesi Selatan, Warisan Tanah Purba di Nusantara

Danau Terdalam di Asia Tenggara Ada di Sulawesi Selatan

Patung Yesus Tertinggi di Dunia Terletak di Tana Toraja, Indonesia

Kapal Pinisi, Legenda Kejayaan Maritim Indonesia

FALLBACK
The END