Istana Taman Cadas, Taman Pasir Negeri Dongeng di Cilegon, Banten

Istana Pasir Cilegon yang mulai populer di Banten. (Instagram/almayoeli)

Destinasi wisata teranyar ini berada di Kota Cilegon, Banten, bernama Istana Taman Cadas dengan bangunan serupa terbuat dari rangkaian hasil tambang dan pasir yang berdiri kokoh bak Istana Negeri Dongeng.

Baca Juga: Keren, Penampakan Robot Transformers Optimus Prime di Tangerang

Istana Taman Cadas seketika jadi tempat wisata Cilegon yang mulai populer dan ramai dikunjungi oleh siapa saja yang tertarik dan penasaran dengan taman pasir khas Negeri Dongeng Tersebut.

Muasal Istana Taman Cadas

Istana Taman Cadas

Istana Pasir Cilegon yang mulai populer di Banten. Sumber foto.

Berlokasi tepat di Jalan Lingkar Selatan (JLS), perbatasan Serang-Cilegon, Lebak Denok, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Banten, Istana Taman Cadas ini rupanya dahulu merupakan tambang pasir.

Wisata Cilegon yang dulunya merupakan bekas galian C ini kini didandani dengan arsitektur khas bangunan kerajaan. Padahal, sang pemilik lahan awalnya tak menyadari gumpalan tanah bekas galian itu berbentuk seperti istana.

Oleh pemilik lahan, Bachtera Surya, tanah dengan tinggi sekitar 50 meter tersebut dulunya merupakan korban keganasan alat berat. Namun, saat diperhatikan lahan itu mirip sebuah bangunan.

Alhasil, pemilik tanah kemudian berniat menjadikan lahan itu sebagai tempat wisata Cilegon bagi para warga dan masyarakat sekitar.

Taman pasir bak Istana Negeri Dongeng

Istana Taman Cadas

para warga mulai ramai-ramai berpose di Istana Pasir Cilegon, Banten ini (Instagram/dwihapny_15)

Bangunan dasar mirip istana kemudian Bachtera bangun perlahan, dipoles laiknya istana sungguhan. Konsepnya pun tanpa perencanaan seperti sebuah bangunan megah yang mesti dikonsep baru kemudian dibangun.

Semua berjalan begitu saja, kata Bachtera, sesekali ia naik ke atas untuk melihat keseluruhan bangunan. Dengan begitu, ia mendapat inspirasi.

Sang pemilik lahan tersebut mengungkapkan bahwa Istana Taman Cadas miliknya dibuat tanpa perencanaan apa-apa. Tak ada konsultan serta tak ada perencanaan yang berarti, asal mengalir saja.

Baca Juga: Tip Liburan di Pemandian Air Panas Gunung Panjang, Bogor

Pihaknya menuturkan bahwa Istana Taman Cadas rencananya juga akan dibangun beberapa wahana lain, seperti  kolam renang, taman burung, taman buah, dan taman bunga.

Tak ketinggalan wisata kuliner juga akan melengkapi tempat wisata Cilegon teranyar dan yang cukup unik ini. Bachtera juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyiapkan tiga bukit untuk wahana permainan seperti flying fox, outbond, serta tanah untuk camping dan family gathering. 

Dapatkan ulasan menarik tentang banten dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar