Sidebar

Hati-hati, Tips Traveling Ini Ternyata Salah Besar!

Beberapa teman Anda mungkin hobi memberi tips traveling pada Anda. Namun waspada, ternyata banyak tips traveling yang kurang tepat!

SHARE :

Ditulis Oleh: Erin Ariane

Foto diambil dari sini

Saat hendak traveling, pasti banyak orang yang memberikan berbagai saran untuk Anda atau mungkin Anda akan gencar meramban di dunia maya dan mencari informasi seputar tips-tips traveling. Namun, beberapa informasi yang Anda dapat belum tentu benar! Ada beberapa tips traveling yang salah besar dan tidak benar adanya.

Hmm…masa, sih? Apa saja ya, tips tersebut?

 

1. “Nggak perlu booking hotel, sampai sana juga dapat kok dan mungkin lebih murah.”

Lebih murah? Tidak! Check in langsung di hotel bukan berarti harga bisa menjadi lebih murah. Mungkin Anda bisa langsung mendapatkan kamar, namun tidak menutup kemungkinan hotel pilihan Anda sewaktu-waktu bisa sedang fully-booked – apalagi di musim liburan dan jika hotel yang Anda mau terletak di dekat pusat perbelanjaan atau pusat kota.

Anda bisa saja mendapatkan hotel, tetapi Anda harus mencari lagi ke tempat lain atau bahkan menunggu lama. Hal ini pastinya akan membuang waktu traveling yang berharga. Apa salahnya Anda meluangkan waktu sekitar 1 jam untuk mencari dan booking hotel dari kota atau negara asal, sehingga waktu di tempat tujuan bisa dikhususkan untuk traveling saja tanpa membuang waktu untuk hal-hal seperti ini.

 

2. “Jangan beli makanan di jalan, nggak sehat!”

Menjaga kesehatan saat traveling tentunya sangat penting, tetapi saat kita di tempat baru, apa salahnya mencoba makanan yang belum pernah Anda coba sebelumnya?

Saat traveling, Anda harus berani mencoba segala macam hal, terutama dalam hal kuliner, seperti makanan tradisional yang tak dapat Anda temukan di daerah tempat tinggal Anda. Dijamin makanan kaki lima khas negara atau tempat tersebut akan lebih berkesan daripada makan di restoran biasa. Dan kalian bisa menemukan makanan-makanan unik di vendor kaki lima. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan saat memilih tempat makan ya!

 

 

3. “Nggak perlu tukar uang kecil dari sekarang, cari kembalian saja pas di sana.”

Kalau Anda hanya bepergian ke toko besar alias mall, hal ini tentu tidak menjadi masalah. Tetapi, kalau Anda seorang petualang yang akan sering naik kendaraan umum, membeli keperluan di toko pinggir jalan, hal ini akan menjadi masalah. Lebih baik, tukarkan sebagian uang Anda dengan pecahan kecil untuk memudahkan transaksi. Apa salahnya sedia payung sebelum hujan, daripada repot di jalan.

 

4. “Hati-hati deh, orang di sana itu jutek, pemarah, jahat abis pokoknya!”

Umumnya, ini adalah gosip belaka yang tersebar secara luas tanpa dibuktikan kenyataannya. Setiap tempat pasti memiliki kebudayaan yang berbeda. Jadi jangan kaget jika Anda mendapat perlakuan yang tidak biasa Anda dapatkan di lingkungan asal Anda, namun bukan berarti mereka memang jutek atau galak, mungkin saja itu memang kebudayaan mereka untuk berbicara dengan intonasi atau gaya bicara seperti itu. Jangan biarkan gosip atau perkataan orang lain mengenai kebiasaan atau sifat orang di tempat tujuan tersebut membuat Anda ragu untuk pergi ke tempat tersebut.

 

5. “Bawa semua perlengkapan mulai dari handuk, obat-obatan, semuanya deh!”

Mungkin nasihat ini benar kalau Anda pindah rumah atau pergi ke medan perang. Namun saat traveling, tidak perlu membawa sebanyak itu karena akan merepotkan. Kecuali Anda akan mendaki gunung atau ke pulau terpencil.

Kota yang Anda tuju tentu memiliki apotek, di hotel juga pasti tersedia handuk, shampo, sabun, dan perintilan kecil lainnya. Cukup bawa barang seperlunya saja, dan bawa obat-obatan pribadi sesuai kebutuhan. Saat traveling, mengepak barang bawaan Anda seringkas dan seringan mungkin bisa sangat membantu terutama jika Anda akan melakukan perjalanan ke lebih dari satu tempat sekaligus.

 

6. “Beli saja langsung tiket di konter atau di website maskapainya, harganya nggak beda jauh kok dari website lainnya.”

Saat ini, banyak website-website yang memudahkan para traveler untuk mencari tiket penerbangan yang lebih murah, dan nyatanya, website-website tersebut memang sangat membantu menekan biaya traveling Anda.

Seperti di skyscanner.com yang bisa membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai website ataupun di tiket2.com untuk mencari tiket promo dan membandingkan harga maskapai penerbangan. Apa salahnya mencoba berbagai website tersebut agar Anda bisa lebih menghemat di biaya transportasi dan bisa lebih menambah uang untuk menjelajah di tempat tujuan, toh prosedurnya tetap mudah dan aman.

 

***

Pasti Anda sering sekali bukan mendengar 6 nasihat tersebut? Memang, nasihat itu juga tak sepenuhnya salah, kok. Namun, alangkah baiknya Anda juga berpikir kemana tempat tujuan traveling Anda, dan sesuaikanlah kebutuhan dengan baik selama di sana. Kuncinya, jangan malas untuk menggali informasi secara langsung seputar tempat yang Anda tuju.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

5 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

FALLBACK
The END