Sidebar

4 Jalur Pendakian Gunung Prau yang Wajib Diketahui Pendaki [INFOGRAFIK]

Inilah 4 jalur pendakian yang bisa Kamu lewati saat mendaki Gunung Prau.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Gunung Prau adalah gunung di Jawa Tengah yang bisa dibilang sangat populer dan paling diminati di Indonesia. Pemandangan yang indah dan jalur pendakian yang tidak terlalu sulit menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang datang dan mendaki ke Gunung Prau.

Sebelum mendaki ke Gunung Prau alangkah baiknya Kamu mengetahui jalur pendakiannya. Berikut ini adalah jalur pendakian Gunung Prau yang bisa Kamu pilih saat mendaki:

1. Jalur pendakian Gunung Prau Via Wates

Jalur pendakian ini berada Dusun Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. Basecampnya berada di ketinggian 1.896 mdpl dengan jalur pendakian hanya sekitar 4,7 kilometer.

Mendaki melewati jalur Wates ini pendaki bisa menemukan sumber mata air dari sebuah air terjun. Di sinilah biasanya para pendaki mendapatkan persediaan air untuk keperluan memasak dan minum saat camping.

Untuk mencapai basecamp pendakian Gunung Prau via Wates pendaki bisa berangkat dari Wonosobo menuju Pasar Jati Jajar kemudian menuju ke arah timur menuju Desa Wates.

2. Jalur pendakian Gunung Prau via Kalilembu

Banyak pendaki yang bilang bahwa mendaki Prau via Kalilembu adalah jalur yang lebih landai, lebih mudah, banyak bonus, dan memiliki pemandangan yang lebih indah dari jalur lain.

Untuk bisa sampai di Camp Area Kamu akan melewati 3 pos pendakian dan melewati Kali Serayu.

Letak Basecamp Kalilembu sendiri berada tidak jauh dari Basecamp Petak Banteng. Basecamp Kalilembu ini berada di atas desa Patak Banteng. Hanya sekitar 100 meter. Untuk sampai ke Basecamp Kalilembu Kamu hanya tinggal berkendara dari Wonosobo ke arah Dieng atau Desa Kalilembu, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

3. Jalur pendakian Gunung Prau via Dieng Kulon

Jalur Pendakian Prau via Dieng Kulon terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Basecamp ini cocok dipilih jika pendaki ingin sekaligus berwisata di Dieng karena basecamp ini tak jauh dari wisata Candi Arjuna, Telaga Warna, Telaga Pengilon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jalur pendakian Dieng Kulon ini cukup panjang, tetapi lumayan landai dan memiliki pemandangan yang indah. Sebelum sampai ke camp area, para pendaki harus melewati Pos 1 dan Pemancar.

Jangan lupa untuk membawa persediaan air yang banyak karena pendaki tidak akan melewati sumber mata air saat mendaki Prau via Dieng Kulon.

4. Jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng

Jalue pendakian Prau via Patak Banteng adalah jalur pendakian yang sering dipilih pendaki. Alasannya karena jalur ini sangat pendek dan cepat sampai di puncak. Sepengalaman tim phinemo, jalur pendakian Patak Banteng  cukup terjal dan menanjak. Tapi hanya butuh 2 jam untuk bisa sampai ke camp area.

Untuk bisa sampai di basecamp Patak Banteng, pendaki bisa berkendara dari Wonosobo menuju Dieng dan berhenti di sebuah kantor Desa Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo yang berada di pinggir jalan.

***

Sebenarnya, masih ada jalur Dieng Wetan dan Via Campurejo namun tim phinemo belum mendapatkan informasi lengkap terkait jalur pendakian tersebut. Satu lagi, alangkah baiknya para pendaki mendaki melalui jalur resmi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Tips Berwisata ke Dieng, Panduan Lengkap Traveling di Titik Tertinggi Jawa Tengah

Backpacker ke Dieng dengan Motor, Berikut Tipsnya

Purwaceng Dieng, Viagra of Java yang Melegenda

Mie Ongklok Dieng, Sajian Kuliner Lezat dari Wonosobo

Penginapan di Dieng, Alternatif Akomodasi Selama Dieng Culture Festival

Jalur Pendakian Gunung Gede Parangrango Ditutup Agustus 2019

FALLBACK
The END